Suka atau tidak, fitur Stories telah menjadi bagian penting dalam cara kita bersosialisasi di jagat maya. Adalah Snapchat yang bisa disebut sebagai inventor ide ini, namun yang memopulerkannya tidak lain dari Instagram. Dan seiring berjalannya waktu, Instagram terus menambahkan fitur-fitur baru ke dalam Stories-nya.

Salah satu yang cukup signifikan pengaruhnya adalah fitur polling alias pemungutan suara, yang pertama kali tersedia di Instagram Stories pada bulan Oktober lalu. Belum lama ini, Instagram malah memperbarui fitur polling-nya dengan sebuah metode interaksi baru yang mereka sebut dengan istilah Emoji Slider.

Dari data yang dikumpulkan TechCrunch, Instagram Stories terbukti merupakan salah satu yang memiliki jumlah pengguna aktif tertinggi di antara empat produk Facebook yang dilengkapi fitur Stories. Yang paling sedikit adalah Facebook Messenger Stories (70 juta pengguna), meski data ini berasal dari bulan September 2017.

Meski demikian, Facebook tidak melupakan eksistensi Messenger Stories begitu saja. Mereka malah baru saja menghadirkan fitur polling yang sama pada Messenger Stories. Cara kerjanya pun persis: unggah foto atau video, pilih sticker polling-nya, cantumkan pertanyaan beserta pilihan jawabannya, lalu swipe dari bawah ke atas untuk melihat daftar viewer sekaligus partisipannya.

Kehadiran fitur polling ini memang tidak akan langsung meningkatkan jumlah pengguna Messenger Stories secara drastis, tapi setidaknya para penggunanya sekarang jadi tidak perlu beralih ke Instagram atau Facebook Stories saat memerlukan pendapat banyak orang.

Sumber: VentureBeat.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.