Categories

Mobile

Banyak Fitur Dipangkas, Facebook Messenger Versi Baru Lebih Ringan Sekaligus Lebih Kencang

Juga merupakan langkah awal Facebook untuk menerapkan enkripsi end-to-end pada Messenger

Glenn Kaonang - 3 March 2020

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Facebook Messenger versi terbaru akan hadir tanpa fitur Discover. Pemangkasan fitur ini tentu ada alasannya, dan semuanya berakar pada fakta bahwa Messenger terus bertambah kompleks di setiap versinya.

Di sisi lain, Facebook juga punya visi untuk mewujudkan semacam interoperabilitas pada deretan aplikasi messaging-nya (WhatsApp, Messenger, Instagram Direct), dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menyajikan enkripsi end-to-end. Sejauh ini, yang sudah dilengkapi enkripsi baru WhatsApp, sedangkan menerapkan enkripsi pada Messenger dilaporkan butuh waktu bertahun-tahun akibat begitu banyaknya fitur yang diusung.

Singkat cerita, Facebook perlu merombak Messenger dari nol untuk bisa merealisasikan visinya tersebut. Messenger 4 merupakan awal yang bagus dari upaya Facebook untuk memangkas fitur-fitur yang tidak perlu, dan puncaknya adalah hilangnya fitur Discover ini.

Menurut Facebook, Messenger versi baru untuk platform iOS punya performa dua kali lebih cepat daripada sebelumnya, dan ukurannya juga cuma seperempat versi sebelumnya. Kalau versi sebelumnya mengemas lebih dari 1,7 juta baris kode, versi baru ini cuma terbentuk dari 360 ribu kode, dan inilah yang membuatnya jadi lebih ringan sekaligus lebih responsif.

Saya pribadi penasaran dengan nasib Messenger Lite; apakah versi khusus ini masih akan diteruskan pasca perilisan Messenger versi baru yang jauh lebih ringan ini? Namun pertanyaan yang lebih penting mungkin adalah, sejauh apa progress Facebook dalam menghadirkan enkripsi end-to-end pada Messenger dengan adanya versi baru ini? Apakah tetap masih masuk hitungan tahunan?

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter