19 September 2016

by Glenn Kaonang

Facebook Moments Kini Bisa Diakses Lewat Web dan Simpan Foto dalam Resolusi Asli

Pengguna juga bisa membagikan link menuju album kepada pengguna lain yang statusnya bukan teman Facebook

Meluncur tahun lalu, Facebook Moments bukanlah sebuah layanan backup foto macam Google Photos, melainkan lebih ke sarana untuk mempermudah proses berbagi foto dan momen bersama orang-orang terdekat. Entah itu saudara atau teman, asalkan Anda merupakan teman di Facebook, Anda bisa membuat album foto privat dan bergantian mengisinya.

Ya, penggunaannya memang sangat terbatas, akan tetapi update terbaru yang diluncurkan Facebook setidaknya bisa membuat Moments sedikit lebih fleksibel. Versi terbarunya kini memungkinkan pengguna untuk membagikan link menuju album privatnya kepada siapa saja, bahkan kepada mereka yang statusnya bukan teman Facebook – viaemail, aplikasi pesan instan dan lain sebagainya.

Fitur ini secara otomatis membuat Moments bisa diakses dari browser, namun hanya untuk melihat foto dan video yang telah diunggah saja. Kalau Anda ingin ikut menambahkan foto-foto lain, Anda tetap harus memakai aplikasi Moments.

Fitur Favorites dalam Facebook Moments / Facebook

Moments versi web ini juga berdampak pada kemunculan fitur baru yakni dukungan terhadap foto dalam resolusi asli, penting mengingat Moments sekarang bisa dilihat dari laptop atau PC desktop berlayar besar. Bagaimana cara menyimpan foto dalam resolusi asli? Gampang, tinggal klik icon bintang di sisi kanan atas sebuah foto.

Foto yang telah dibubuhi tanda bintang akan dikelompokkan ke dalam tab baru berlabel Favorites. Tidak ada batas maksimal foto yang bisa disimpan menjadi Favorites, akan tetapi Anda hanya punya waktu 30 hari sejak foto diunggah atau diterima untuk menjadikannya sebagai Favorite dan menyimpannya dalam resolusi asli.

Pembaruan ini memang belum bisa menjadikan Moments sebagai alternatif terhadap Google Photos, namun setidaknya penggunaannya jadi sedikit lebih fleksibel. Di saat yang sama, pengguna sebenarnya bisa memanfaatkannya sebagai wadah untuk backup foto, dengan catatan mereka tidak keberatan menandai satu per satu foto secara manual sebagai Favorite.

Sumber: TechCrunch.