27 January 2017

by Bambang Winarso

Facebook Mulai Jajal Fitur Stories di Android dan iOS

Sebagai tahap awal, Facebook Stories baru ditemukan di kawasan Irlandia

Facebook sepertinya mulai terang-terangan menerapkan fitur “jiplakan” dari Snapchat untuk produk-produk unggulannya. Setelah menghadirkan Stories dan menempatkannya di atas newsfeed Instagram, kali ini Facebook melakukan hal yang sama untuk layanan utamanya, Facebook versi mobile meski baru dibatasi di kawasan Irlandia.

Facebook Stories bekerja seperti halnya Instagram Stories, memungkinkan pengguna memajang kumpulan foto dan video dalam bentuk slideshow yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Facebook sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait hadirnya fitur ini di Irlandia. Namun berdasarkan komentar yang diberikan oleh Facebook kepada Techcrunch, tampaknya kabar ini bukan lagi isapan jempol. Kita hanya harus menunggu beberapa saat sampai Facebook Stories diresmikan dan dirilis secara global.

Dalam sebuah bocoran foto tampak tatap muka aplikasi Facebook Android atau iOS kini dibubuhi sebuah ikon bundar disertai foto yang tampaknya merupakan barisan Story yang diposting oleh teman. Dari sana pengguna dapat melihat salah satu dari kumpulan Story yang terus diperbarui setiap 24 jam sekali.

Hadirnya fitur-fitur unggulan Snapchat di produk Facebook bukan sebuah kejutan. Sejak lama, raksasa jejaring sosial itu memang berobsesi memiliki Snapchat namun tak kesampaian. Berbagai upaya pun dilakukan untuk “membalas” penolakan Snapchat, salah satunya dengan merilis aplikasi baru dengan konsep menyerupai rival, dua di antaranya aplikasi Poke dan Slingshot. Tapi upaya itu gagal karena suatu sebab. Kini Facebook lebih memilih untuk meluncurkan fitur jiplakan Snapchat ke layanannya ketimbang merilis aplikasi baru, dengan harapan mampu meredam popularitas Snapchat.

Sumber berita Techcrunch dan gambar header Pixabay.