Categories

Mobile

Facebook Mulai Uji Teknologi Filter MSQRD di Aplikasinya

Fitur ini memungkinkan pengguna menjepret foto dan video lalu menyisipkan filter dan stiker seperti cara kerja Snapchat

Bambang Winarso - 8 August 2016

Kita mungkin tak bisa melihatnya secara kasat mata, tapi percaya atau tidak Facebook kembali melancarkan aksi lanjutan dalam upanya “menculik” pengguna Snapchat. Setelah menghadirkan fitur yang mirip dengan kepunyaan Snapchat di Instagram, kali ini mereka mulai menjajal kemampuan menjalankan aplikasi kamera seperti cara kerja Snapchat di aplikasi utamanya. Memungkinkan pengguna menjepret foto dan video dengan hiasan filter dari MSQRD dan stiker. Demi memperoleh momentum, Facebook meluncurkan filter bertema Olimpiade yang sedang digelar di Brazil.

Fitur yang juga dapat dicicipi oleh pengguna di Kanada ini  menjadi langkah penting bagi Facebook untuk mulai memberdayakan teknologi MSQRD, agar dananya tebusannya tak terbuang sia-sia. Dan sekaligus menjauhkan diri dari kejaran Snapchat. Sebagai pengingat, MSQRD adalah startup pengembang aplikasi efek video yang diakuisisi pada bulan Maret.

https://youtu.be/gPXDwLBhsCA

Pengguna yang beruntung akan menemukan adanya jendela kamera ketika hendak membuat status baru. Setelah diaktifkan, nantinya jendela kamera ini akan secara otomatis terbuka ketika aplikasi dijalankan. Untuk saat ini pengguna baru menjumpai beberapa filter wajah bertema Olimpiade. Dan seperti halnya Snapchat, fitur baru ini juga memungkinkan pengguna menambahkan lensa untuk membuat overlay lucu di atas foto yang dijepret. Itu untungnya mereka punya teknologi MSQRD.

Cara kerja fitur baru di Facebook

Kemampuan baru menjepret foto selfie dan video animasi unik tampaknya menjadi fokus utama Facebook saat ini. Tujuannya adalah untuk mendongkrak lebih banyak konten-konten personal khususnya selfie dan video dari 1,1 miliar pengguna harian mereka. Pasalnya menurut laporan The Information, konten-konten berjenis status pribadi, foto dan video yang dibagikan di Facebook turun 15% dari tahun ke tahun. Sebaliknya, news feed didominasi oleh konten-konten bertautan yang dibagikan oleh media penerbit. Betul prediksi banyak orang yang menyebut bahwa MSQRD adalah “rencana cadangan” bagi Facebook di masa mendatang untuk mengganggu pergerakan Snapchat.

Sumber berita Techcrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter