Categories

Social Media

Facebook Bakal Kedatangan Fitur Semacam On This Day, Tapi untuk Bulan atau Pencapaian Tertentu

Juga benahi cara kerja On This Day supaya pengguna bisa mengontrol apa saja konten yang bisa muncul di situ

Glenn Kaonang - 28 August 2017

Sejak diluncurkan lebih dari dua tahun silam, "On This Day" telah menjadi salah satu fitur terpopuler Facebook. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat kilas balik 'perjalanan' Anda di Facebook, mulai dari foto perdana bersama pacar baru sampai ketika anak pertama Anda lahir dan Anda membagikan momen penuh kebahagiaan tersebut.

Ke depannya, Facebook sudah menyiapkan kelanjutan dari fitur ini. Salah satunya adalah kilas balik untuk post yang Anda buat pada bulan-bulan tertentu atau pada musim tertentu. Sama seperti On This Day, kilas balik momen berkenang ini akan muncul di News Feed dan bisa di-share jika mau. Bedanya, isinya bukan cuma satu post saja.

Di samping itu, Facebook juga akan menghadirkan cara baru bagi pengguna untuk merayakan pencapaian tertentu, semisal ketika jumlah teman Anda menembus angka tertentu, atau di saat teman Anda menyukai post Anda untuk kesekian kalinya.

Pesan-pesan itu akan muncul di News Feed, sekali lagi sama seperti On This Day, tapi untuk sementara hanya untuk masing-masing pengguna saja. Facebook memastikan kalau semua ini dapat dibagikan ke pengguna lain ke depannya, dan mereka juga berencana untuk menambahkan bentuk pencapaian lain – jadi tidak cuma terbatas pada jumlah teman dan like dari teman saja.

Lebih lanjut, Facebook rupanya juga akan membenahi cara kerja On This Day. Utamanya yang berkaitan dengan kenangan yang sejatinya ingin dilupakan oleh pengguna. Ke depannya, pengguna akan memiliki opsi untuk menandai kenangan itu sebagai sesuatu yang negatif agar Facebook tak lagi menyuguhkan kilas baliknya di lain waktu.

Facebook juga telah merancang algoritma yang dapat mempelajari kumpulan reaksi dari pengguna lain terhadap suatu post. Tujuannya adalah untuk tidak menyajikan kilas balik dari kenangan tersebut ke pengguna, yang kemungkinan bersifat menyedihkan berdasarkan deretan reaksi "Sad" atau "Angry" yang dituainya.

Kontrol atas apa saja yang bakal muncul di On This Day ini merupakan pembaruan yang sangat menarik. Siapa juga yang mau foto mantannya yang kelupaan dihapus tiba-tiba muncul di News Feed dan membuat hati yang sebelumnya sudah move on menjadi galau kembali? Oke, contoh ini mungkin terlalu berlebihan, tapi saya yakin Anda bisa mendapat gambaran jelasnya.

Sumber: Facebook dan Business Insider.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter