Categories

Social Media

Facebook Pastikan Tak Lagi Pakai Jasa Bing di Fitur Pencarian Mereka

Bambang Winarso - 15 December 2014

Sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia tak heran bila Facebook mampu untuk berkembang secara mandiri tanpa banyak tergantung pada layanan lain. Seperti yang baru saja dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook, bahwa mereka memutuskan untuk tidak lagi menggunakan layanan Bing sebagai pelapis fitur mesin pencari Graph Search.

Keputusan untuk tidak lagi menggunakan layanan mesin pencari Bing diambil menyusul kemampuan Facebook Search yang makin baik. Yang terakhir mereka meluncurkan fitur baru Graph Search yang memungkinkan pengguna untuk menemukan komentar dan informasi lain yang di-posting oleh teman.

Dengan kemampuan tersebut Facebook sepertinya menganggap bahwa kehadiran Bing tidak lagi dibutuhkan. Sebagaimana dikatakan oleh juru bicara Facebook, mereka tidak ingin menampilkan hasil pencarian web di Facebook Search. Tujuannya tak lain untuk membantu pengguna menemukan apa yang sudah dibagikan di Facebook.

Namun, walau tak lagi menggunakan Bing, Facebook memastikan Microsoft masih jadi rekanan mereka di beberapa proyek berbeda lainnya.

 

Info Menarik: Path Premium Kini Bisa Diperoleh Melalui ATM dan Jaringan Mini Market Alfa Group

 

Kabar tersebut juga diamini oleh Microsoft kepada VentureBeat yang kurang lebih mengatakan hal yang sama, bahwa Facebook baru saja mengubah konsep pencarian mereka dengan fokus untuk membantu pengguna mencari informasi yang sudah dibagikan di Facebook ketimbang hasil pencarian web.

Integrasi antara Bing dan Facebook pertama kali dilakukan pada bulan Januari tahun lalu. Saat pertama kali mencuat, banyak pihak beranggapan bahwa kolaborasi ini adalah upaya untuk menjegal Google yang bertengger di puncak sebagai mesin pencari terbesar di duna.

Walau bukan bisnis utama Facebook, namun kehadiran mesin pencari tetap merupakan sebuah kebutuhan. Zuckerberg mengatakan hal itu sebagai sebuah ide yang bagus.

Kehilangan Facebook jelas bukan hal yang diinginkan oleh Microsoft terutama di saat mereka terlihat bersemangat untuk memberikan tekanan kepada Google. Walau sejauh ini Bing sepertinya punya peluang yang cukup besar terutama di wilayah-wilayah tertentu.

Sumber berita Techcrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter