Categories

Social Media

Facebook Perbarui Tool Transfer Datanya, Kini Lebih Mudah Digunakan dan Lebih Menyeluruh

Ada dua layanan tujuan baru yang tersedia di tool Transfer Your Information milik Facebook, yakni Photobucket dan Google Calendar

Glenn Kaonang - 10 August 2021

Facebook mengumumkan sejumlah pembaruan terhadap tool Transfer Your Information yang mereka miliki. Tujuannya tidak lain dari memberikan pengguna kontrol yang lebih menyeluruh terhadap data mereka masing-masing

Pembaruan yang paling utama adalah tampilan antarmuka atau UI yang lebih simpel dan lebih mudah dinavigasikan, terutama bagi yang mengaksesnya dari perangkat mobile. Pengguna sekarang bisa dengan gampang melihat tipe data apa saja yang didukung oleh masing-masing layanan tujuan, semisal Google Photos untuk foto dan video, atau Blogger untuk post dan note.

Facebook juga telah menambahkan dua layanan tujuan baru, yakni Photobucket dan Google Calendar. Dengan adanya Google Calendar, jenis data yang bisa ditransfer pun otomatis bertambah satu, yakni event. Facebook tidak lupa menyediakan opsi filter sehingga pengguna dapat memilih data-data yang hendak dipindah secara lebih presisi.

Versi awal tool ini pertama Facebook luncurkan menjelang akhir 2019. Kala itu, tipe data yang bisa dipindah hanyalah foto dan video saja, dan layanan tujuan yang didukung pun hanya Google Photos. Facebook perlahan menambahkan sejumlah layanan tujuan lain macam Dropbox dan Backblaze. Lalu pada bulan April kemarin, mereka menambahkan post dan note sebagai tipe data baru yang bisa ditransfer ke Google Docs, Blogger, atau Wordpress.com.

Tool ini merupakan bagian dari upaya Facebook menjunjung prinsip portabilitas data. Pada pertengahan 2018, bersama dengan Google, Microsoft, dan Twitter, Facebook meluncurkan platform portabilitas data yang bersifat open-source bernama Data Transfer Project. Facebook berjanji untuk terus berkontribusi terhadap proyek tersebut, dan salah satu caranya adalah dengan menyempurnakan tool Transfer Your Information ini.

Untuk mengaksesnya, pengguna bisa masuk ke menu Settings di aplikasi atau situs Facebook, lalu pilih opsi "Your Facebook Information". Selanjutnya, pilih opsi "Transfer a copy of your information", dan tinggal ikuti langkah-langkahnya.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter