23 September 2019

by Glenn Kaonang

Facebook Luncurkan Smart Display Generasi Keduanya, Portal dan Portal Mini

Tersedia pula Portal TV dengan fitur yang sama, tapi tanpa unit display-nya sendiri

Setahun yang lalu, Facebook secara mengejutkan merilis hardware pertamanya, yakni Portal dan Portal+, sejenis smart display speaker yang mengemban tugas utama sebagai medium video calling. Sekarang, Facebook sudah siap meluncurkan penerusnya.

Hilang sudah istilah "Portal+", digantikan sepenuhnya oleh Portal dan Portal Mini. Bentuknya pun berubah drastis, kini lebih mirip bingkai foto digital ketimbang smart display pada umumnya. Tidak seperti Portal+, Portal versi anyar tidak dilengkapi layar swivel, akan tetapi orientasinya tetap dapat diubah dengan memutar perangkat secara keseluruhan.

Dimensinya juga menyusut signifikan: Portal mengusung layar HD 10 inci, sedangkan Portal Mini dengan layar HD 8 inci. Sensor ambient light memungkinkan layar kedua perangkat ini untuk menyesuaikan tingkat kecerahannya secara otomatis, tidak ketinggalan juga temperatur warnanya, bergantung pada kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Fitur-fitur pendahulunya, macam kamera bertenaga AI yang dapat melakukan panning dan zooming secara otomatis, tetap menjadi unggulan Portal dan Portal Mini. Di samping itu, Facebook turut membekali keduanya dengan fitur Smart Sound, yang disebut dapat meminimalkan suara background selagi ada seseorang yang berbicara dalam sesi panggilan video.

Berhubung ini Facebook yang kita bicarakan, topik mengenai privasi tentu harus ikut dibahas, dan seperti sebelumnya, Facebook sadar betul akan kelemahan mereka di bidang ini. Untuk itu, mereka telah merancang agar konsumen dapat menonaktifkan kamera sekaligus mikrofon milik Portal dan Portal Mini dengan mudah. Kalau perlu, kameranya bahkan bisa ditutupi secara fisik berkat cover terintegrasi.

Fitur-fitur berbasis AI yang tersedia pun dipastikan berjalan secara lokal, bukan mengandalkan komunikasi dengan server Facebook. Sebagai bonus, Facebook turut menambahkan fitur WhatsApp Calling pada versi anyar Portal ini, dan lagi-lagi semuanya dipastikan berjalan dengan enkripsi yang menyeluruh.

Namun Facebook rupanya belum puas dengan dua perangkat saja, sebab mereka juga menyingkap Portal TV. Perangkat ini pada dasarnya mengemas semua fitur yang sama seperti Portal maupun Portal Mini, termasuk halnya integrasi Amazon Alexa. Yang membedakan, Portal TV tidak memiliki display; TV kitalah yang menjadi display-nya.

Itulah mengapa Facebook juga menyediakan akses ke layanan Amazon Prime Video, sehingga pengguna Portal TV bisa langsung menikmati tayangan favoritnya tanpa harus mengganti input TV terlebih dulu.

Rencananya, Facebook Portal dan Portal Mini akan dipasarkan mulai 15 Oktober mendatang, masing-masing seharga $179 dan $129. Portal TV baru akan menyusul di awal November dengan banderol $149. Selain di AS dan Kanada, Facebook juga bakal memperluas penjualannya ke negara-negara lain seperti Inggris, Perancis, Itali, Spanyol, Australia dan Selandia Baru.

Sumber: Facebook.