Meski kerap diasosiasikan dengan gaming, Twitch punya jasa besar sebagai salah satu pelopor tren live streaming. Maka dari itu tidak heran apabila kompetitornya mengambil inspirasi darinya, seperti yang dilakukan Facebook baru-baru ini.

Fitur yang dijadikan kiblat adalah Twitch Premiere, yang memungkinkan kreator untuk mempublikasikan video yang sudah direkam dan diedit sebelumnya sebagai siaran langsung. Facebook saat ini sedang menguji fitur serupa, yang ternyata juga mereka sebut dengan istilah Premiere.

Jadi yang live sebenarnya bukanlah videonya, melainkan sesi menonton kita, sebab video Premiere juga dilengkapi fitur real-time chat sama seperti video Facebook Live standar. Kalau kata Engadget, pengalamannya kurang lebih sama seperti menonton episode perdana suatu serial TV, hanya saja dalam format online.

Dalam masa pengujiannya ini, Premiere baru bisa dimanfaatkan oleh kreator dalam jumlah terbatas saja, namun Facebook berjanji untuk membuka aksesnya secara lebih luas dalam waktu dekat.

Mengapa ini penting? Salah satu jawabannya adalah Facebook Watch, layanan video orisinil ala televisi yang Facebook luncurkan di AS pada bulan Agustus tahun lalu. Berkat Premiere, studio dan produser video di platform Watch dapat lebih dulu membangun hype sebelum videonya resmi dirilis; entah dengan menyajikan hitung mundur penayangannya, atau dengan mengirimkan notifikasi, yang memang hanya berlaku untuk video live saja.

Sumber: Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.