Categories

Gadget

Facebook Dikabarkan Sedang Mengerjakan Aksesori untuk TV dengan Fungsi Video Calling

Seperti Facebook Portal dan Portal+, tapi yang duduk di atas TV ketimbang mengusung display sendiri

Glenn Kaonang - 18 October 2018

Facebook membuat kejutan baru-baru ini dengan meluncurkan sepasang smart display speaker dengan fungsi utama untuk video calling bernama Portal dan Portal+. Pengumuman ini dinilai mengejutkan sebab Facebook sendiri sedang dilanda skandal privasi yang cukup serius di kampung halamannya.

Portal dan Portal+ juga merupakan hardware pertama bikinan Facebook di luar Oculus, yang merupakan hasil akuisisi. Berhubung kedua perangkat itu baru akan dipasarkan pada bulan November mendatang, kita tentu belum bisa menilai sukses atau tidaknya.

Kendati demikian, Facebook sudah punya rencana mengenai hardware mereka selanjutnya. Perangkat baru ini merupakan semacam webcam yang bisa didudukkan di atas TV (plus mungkin menyambung via HDMI), sehingga TV dapat digunakan untuk video calling. Teknologi yang digunakan kurang lebih sama seperti yang terdapat pada Portal dan Portal+.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Cheddar dari sumber terpercaya, perangkat ini masih dalam tahap pengembangan. Facebook menjulukinya dengan codename "Project Ripley" secara internal, dan perilisannya dijadwalkan berlangsung pada musim semi 2019, meski ini masih belum pasti.

Di samping fitur percakapan video, Ripley juga mengusung integrasi Facebook Watch, layanan streaming video ala YouTube yang belum lama ini diluncurkan secara global. Facebook Watch juga merupakan salah satu suguhan Portal dan Portal+, dan Facebook sudah punya rencana untuk menambahkan integrasi layanan lain ke depannya (meski kans untuk YouTube tergolong kecil).

Sumber: Cheddar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter