31 January 2014

by wiku

Facebook Resmi Kenalkan Paper, Aplikasi Terbaru Untuk Menjelajah Konten Facebook

Facebook secara resmi memperkenalkan Paper, pengumuman ini menjawab berbagai rumor yang beredar atas aplikasi atau layanan untuk menjelajah konten yang dibagikan di jejaring sosial Facebook.

Paper adalah aplikasi terpisah dari berbagai aplikasi untuk perangkat mobile dari Facebook. Aplikasi ini menyediakan layanan untuk membantu pengguna menjelajah dan membagikan cerita/konten dari teman Facebook atau dari sumber lain.

Satu hal yang banyak disorot dan dipuji dari aplikasi ini berbagai cara ‘unik’ yang dihadirkan untuk membaca, menjelajah atau membagikan konten. Antar muka dan pengalaman penggunaanya sangat menarik.

Dengan aplikasi ini Anda bisa membaca News Feed dari akun Facebook dengan berbagai cara baru, melihat foto dalam layar penuh, menggeser untuk memjelajah konten serta melihat konten dengan layout yang ‘unik’. Anda bisa pula mengikuti berbagai hal yang menarik bagi Anda termasuk memilih berbagai topik atau tema (fotografi, olahraga, desain, dll) dari berbagai penerbit/sumber berita yang sudah dikenal.

Jika konten yang ada lihat berupa foto dengan resolusi tinggi, maka Anda bisa menggoyang (tilt) ponsel Anda untuk menjelajah foto secara penuh.

Tidak hanya membaca konten yang dibagikan di Facebook tetapi Anda bisa pula berinteraksi dengan konten yang ada, seperti menekan tombol ‘jempol’, memberi komentar atau membagikan ulang.

Saya tampilkan video demo dari aplikasi ini, agar berbagai fasilitas serta fitur yang ada di Paper bisa lebih dibayangkan:

Introducing Paper from Facebook on Vimeo.

Paper sendiri belum tersedia untuk diunduh, rencananya aplikasi ini akan tersedia untuk iOS pada tanggal 3 Februari, itu pun baru terbatas untuk pasar AS saja. Aplikasi Paper ini adalah produk pertama dari Facebook Creative Labs.

Bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi ini bisa melihat penjelasannya lewat tautan ini.

Semoga saja aplikasi ini bisa dirilis untuk pasar iOS secara global tidak lama setelah peluncuran di pasar AS. Terus terang, dengan melihat video demonya, aplikasi ini bisa membuat saya kembali lagi ke Facebook setelah sekian lama tidak pernah aktif. Desain antar muka, layout yang responsif serta berbagai fitur yang ada menggoda untuk mencoba aplikasi ini dan menjelajah konten di Facebook.