Categories

Social Media

Facebook Resmi Luncurkan Fitur Reactions Secara Global

Bisa dinikmati baik di perangkat mobile maupun desktop

Glenn Kaonang - 25 February 2016

Berangkat dari rumor tombol Dislike lalu dipatahkan oleh pengujian fitur Reactions di dua negara, Facebook akhirnya membuka tirai akses fitur Reactions ke semua pengguna yang tersebar di belantara dunia. Buat yang ketinggalan berita, Reactions diwakili oleh keenam emoji imut yang ada pada gambar di atas.

Facebook memperlakukan fitur Reactions ini sebagai pelengkap dari tombol Like yang sudah ada sejak lama. Maksudnya, ketimbang hanya membubuhkan jempol ke suatu post milik rekan, pengguna bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya secara lebih spesifik lagi.

Untuk memberikan reaksi terhadap suatu post, pengguna bisa menyentuh dan menahan tombol Like di perangkat mobile, atau mengarahkan cursor mouse ke tombol Like di desktop. Dari situ akan muncul enam pilihan reaksi yang berbeda, yaitu Like, Love, Haha, Wow, Sad dan Angry.

Mengapa hanya ada enam? Berdasarkan pengakuan Facebook, mereka sudah menjalankan riset selama lebih dari setahun guna menentukan tipe reaksi apa yang bakal paling sering pengguna berikan terhadap suatu post. Mulai dari komentar sampai sticker yang terpopuler, semuanya diperhatikan oleh Facebook hingga akhirnya mereka keluar dengan enam tipe reaksi di bawah.

Facebook Reactions

Selama diujikan, fitur Reactions diyakini mendapat respon positif dari para pengguna. Maka dari itu, Facebook pun sekarang sudah siap merilisnya secara global. Namun entah mengapa – atau memang peluncurannya dilakukan secara bertahap – saya masih belum bisa mengakses fitur ini sampai sekarang.

Apakah ke depannya akan ada tambahan jenis reaksi selain enam yang sudah ada? Tidak ada yang tahu. Facebook hanya mengungkapkan bahwa mereka akan terus mendengar masukan dari para pengguna supaya mereka “bisa mempunyai koleksi tipe reaksi yang bermanfaat buat semua pengguna”, demikian dijelaskan lewat rilis resminya.

Kalau melihat tipe reaksi yang ada sekarang seperti Like dan Love, mungkin saja Facebook bakal menambahkan “Frustrated” atau “Furious” untuk melengkapi reaksi Angry. Terlepas dari itu, paling tidak sekarang kita punya cara yang lebih efisien guna mengungkapkan perasaan kita terhadap curhatan seorang rekan di Facebook.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter