14 March 2013

by wiku

Facebook Resmi Umumkan Perubahan Tampilan 'Timeline' di Layanan Mereka

Facebook kembali meluncurkan pembaruan dari tampilan di layanan jejaring sosial mereka. Setelah sebelumnya mereka mengumumkan bentuk baru dari News Feed kini giliran fasilitas Timeline yang mendapatkan perubahan.

Tampilan yang baru ini memberikan ruang yang lebih baik untuk konten yang dibagikan oleh akun tertentu mudah dibaca serta agar aplikasi yang ada di lingkungan Facebook untuk tampak secara lebih baik di fitur Timeline. Perubahan lain termasuk peningkatan kontrol yang dimiliki pengguna, serta fitur yang berhubungan dengan fasilitas Open Graph.

Untuk tampilan utama, atau tampilan yang ada ketika pertama kali masuk ke fitur Timeline, pengguna akan dihadirkan dengan desain yang baru. Keterangan waktu yang biasanya ada di bagian tengah akan dipindah ke bagian kanan, lalu di bagian kiri akan ditempatkan berbagai keterangan personal lain termasuk daftar teman.

Perubahan juga berfokus pada peningkatan yang berhubungan dengan ketertarikan pengguna. Akan ada area khusus di halaman About yang memudahkan pengguna mengatur berbagai ketertarikan mereka, baik itu untuk menambahkan film yang disukai, musik atau buku.

Penambahan pilihan film atau buku yang dianggap menarik juga bisa melalui aplikasi lain, integrasi telah dilakukan Facebook termasuk ke tampilan yang baru. Anda bisa menambahkan musik dari Flixster, Netflix atau buku dari Goodreads.

Elemen sosial juga tidak ketinggalan, bila ada buku yang tengah dibaca teman Anda, tambahan buku ini juga bisa ditambahkan di bagian buku yang Anda sukai dengan mengklik tombol +.

Seperti yang dijelaskan di atas, aplikasi mendapatkan sorotan di pembaruan kali ini. Pengguna bisa menambah berbagai aplikasi agar konten yang ada di dalamnya bisa juga muncul di Timeline Anda. Misalnya menambahkan aplikasi Instagram agar foto-foto menarik Anda ada di Timeline akun Facebook Anda.

Kalau melihat sepintas dari contoh tampilan yang ada di blog Facebook, tampilan kali ini lebih enak dilihat. Tampilan kolom terbaru dari Timeline memudahkan untuk fokus pada konten tertentu dan sisi lain untuk lainnya. Perubahan ini sayangnya dilakukan secara bertahap, jadi TRL belum bisa menceritakan bagaimana pengalaman penggunaannya.

Facebook mengatakan bahwa ketersediaan secara bertahap Timeline dengan desain terbaru ini akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan, jadi tunggu saja di akun Facebook masing-masing.

Untuk melihat pengumuman lengkap Anda bisa menuju tautan ini, untuk para pengembang bisa ke sini.

ย Via: TheNextWeb.ย