15 December 2016

by Bambang Winarso

Facebook Rilis Portal Orangtua dan Aplikasi Events untuk Android

Portal Orangtua dirancang untuk mencegah anak jadi korban cyber bullying

Dalam upayanya memberdayakan orang tua untuk membantu anak tetap aman bersosialisasi di Facebook, jejaring sosial raksasa Facebook pada hari Selasa waktu setempat resmi meluncurkan Portal Orang Tua yang merupakan kolaborasi antara orang tua, remaja dan ahli keamanan di seluruh dunia.

Belum lama ini Facebook juga sudah memperbaru Pusat Keselamatan dan Pencegahan Bullying yang bertujuan sama, yaitu mencegah cyber bullying menimpa anak. Dan sekarang Facebook kembali memperkuat fitur keamanan tersebut dengan memperkenalkan Portal Orangtua yang memberikan saran tertentu untuk para orangtua sebagai bagian dari Pusat Keamanan.

Portal orangtua memuat panduan untuk orangtua terkait bagaimana Facebook bekerja, tips untuk berbicara dengan anak-anak tentang keamanan saat beraktivitas secara online dan berbagai informasi bermanfaat dari para ahli di seluruh dunia. Panduan ini tersedia dalam lebih dari 55 bahasa, termasuk Indonesia, dapat diakses melalui ponsel dan mencakup panduan berbentuk video.

Portal Orangtua merespon masukan yang diterima terkait kesenjangan pengetahuan di antara orang tua tentang kebijakan keamanan Facebook. Portal Orangtua dapat diakses di tautan ini.

Di momen berbeda, Facebook resmi memboyong aplikasi Events ke Android setelah di bulan Oktober lalu meluncurkan aplikasi tersebut ke platform iOS. Aplikasi Events menghadirkan fitur-fitur Events yang sebelumnya ada di layanan utama Facebook. Tapi kali ini disajikan dalam bentuk aplikasi mandiri yang terpisah. Aplikasi memuat semua acara-acara seperti konser, resepsi, ulang tahun yang akan digelar dalam waktu dekat. Aplikasi membantu pengguna membuat rencana dengan teman-teman mereka,mengatur tanggal, hari dan tempat kemudian mengundang siapa saja yang bisa hadir di acara tersebut.

Aplikasi Events from Facebook dapat diunduh di Google Play Store secara cuma-cuma.  Sayangnya, dari pantauan Dailysocial, aplikasi mendapatkan sambutan yang kurang hangat. Dari 38 pengguna yang memberikan ulasan, rata-rata memberikan rating 2.8 dari 5 bintang.

Sumber berita FB dan Thenextweb.

Application Information Will Show Up Here