26 October 2015

by Glenn Kaonang

Facebook Search Disempurnakan, Kini Sajikan Post Publik Terkait Topik Terkini

Saat ada sebuah topik hangat yang terjadi, umumnya saya akan berkunjung ke Twitter untuk memantau perkembangannya, bukan Facebook. Namun kebiasaan itu bisa saja berubah, karena fitur Facebook Search baru saja disempurnakan sehingga pengguna bisa mencari tahu apa yang sedang dunia perbincangkan perihal topik yang relevan baginya.

Facebook sendiri mengaku ada sekitar 1,5 miliar pencarian yang dilakukan pengguna setiap harinya. Jumlah post yang berhasil diindeks sendiri berkisar 2 triliun. Hal ini membuat Facebook merasa fitur Search harus menjadi bagian penting sehari-harinya.

Jadi kalau sebelumnya Anda sudah bisa mengetahui pendapat teman atau keluarga Anda mengenai satu topik lewat News Feed, nantinya Anda juga bisa mencari tahu opini dari orang yang benar-benar asing di mata Anda. Tentu saja syarat utamanya adalah post yang dibagikan harus bersifat publik.

Info menarik: Pengguna iPhone Sudah Bisa Baca Berita “Instant Articles” di Facebook

Sebelum ini, Facebook Search akan menampilkan daftar orang, page, atau event yang mengandung kata pencarian Anda. Kini Facebook akan menambahkan topik-topik yang sedang populer saat itu juga ke dalam hasil pencarian. Semisal Anda mengetikkan "water", Facebook akan menampilkan topik "water on mars" yang sedang banyak dibicarakan.

Klik hasil pencarian tersebut, maka Anda akan disambut oleh sebuah halaman berisikan post dari bermacam sumber terkait topik yang dimaksud. Facebook Search bahkan juga akan menampilkan percakapan publik terkait sebuah link, tak peduli apakah orangnya Anda kenal atau tidak.

Ini merupakan langkah pertama Facebook dalam upayanya membantu pengguna menemukan konten yang menarik selain yang ada di News Feed. Versi baru Facebook Search ini sudah bisa dinikmati di perangkat Android, iOS maupun desktop – dengan catatan Anda menggunakan bahasa Inggris dalam pengaturan.

Sumber: Facebook.