1 November 2016

by Glenn Kaonang

Facebook Sedang Menguji Fitur Kamera Baru yang Terinspirasi Snapchat

Sharing bisa dilakukan secara privat satu lawan satu lewat fitur Facebook Direct, dan akan dihapus secara otomatis setelah 24 jam

Facebook sedang menguji sejumlah fitur kamera baru pada aplikasi mobile-nya, yang lagi-lagi terinspirasi oleh Snapchat. Sebelum ini, Facebook sempat dituding menjiplak Snapchat dengan Instagram Stories.

Fitur-fitur baru ini mencakup grafik dan animasi selfie ala Snapchat, geofilter, filter lukisan ala Prisma dan filter unik yang disebut dengan istilah "reactive" karena dapat beradaptasi dengan gerakan tubuh pengguna. Semuanya bisa diakses hanya dengan menggeser tampilan News Feed ke kanan.

Kepada TechCrunch, Facebook menjelaskan bahwa tujuan mereka adalah menjadikan aspek visual sharing dalam Facebook lebih cepat, fun dan fleksibel. Apa yang ditawarkan Snapchat selama ini memang sudah bisa memenuhi kriteria tersebut, dan Facebook pun turut mengamininya dengan cara menjadikannya sebagai inspirasi.

Setelah membuka tampilan kamera, pengguna bisa mengusap layar ke bawah untuk mengakses beragam filter yang telah Facebook siapkan, termasuk reactive filter yang tadi sempat disinggung. Reactive filter ini sangat inovatif, dimana layar akan dipenuhi dedaunan atau biasan cahaya yang bisa dibuat semburat dengan lambaian tangan, sebelum akhirnya pengguna menyentuh tombol shutter.

Facebook Direct berguna ketika pengguna hendak membagikan foto atau video secara privat / TechCrunch

Juga terinspirasi oleh Snapchat adalah fitur bernama Facebook Direct. Nama sekaligus cara mengaksesnya persis seperti Instagram Direct, dan fungsinya juga untuk berbagi dengan teman secara individual. Namun letak kesamaannya dengan Snapchat adalah, foto atau video tersebut hanya bisa dilihat satu kali, dan satu kali lagi dalam kurun waktu 24 jam menggunakan "replay".

Apabila penerima tidak merespon dan menggunakan replay sebelum batas waktu 24 jam berakhir, maka percakapan tersebut akan otomatis dihapus. Jadi kalau Anda ingin percakapan bisa terus berlanjut, gunakan saja Messenger karena Direct merupakan fitur yang terpisah.

Untuk sementara Facebook baru mengujinya bersama pengguna di Irlandia. Mereka memastikan nantinya fitur kamera ini akan tersedia secara global, tapi selagi menunggu Facebook akan menguji beberapa variasi fitur lainnya.

Sumber: TechCrunch.