21 December 2015

by Glenn Kaonang

Facebook Sempurnakan Fitur Music Stories, Plus Gandeng Mitra-Mitra Baru

Kini bisa tampilkan preview lagu dari Deezer, Napster dan lain sebagainya

Awal November kemarin, Facebook memperkenalkan fitur baru bernama Music Stories, yang dirancang untuk memberikan pengalaman berbagi yang lebih baik terkait musik. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mendengarkan preview lagu yang dibagikan dari layanan streaming musik macam Apple Music dan Spotify langsung di aplikasi Facebook.

Jadi ketimbang harus berpindah aplikasi hanya untuk mendengarkan refrain lagu yang dibagikan seorang teman, Music Stories akan menyajikannya langsung di News Feed. Durasi preview-nya 30 detik, tapi sebuah link menuju aplikasi streaming-nya turut disediakan sehingga pengguna tetap bisa mendengarkan versi lengkapnya.

Selang sebulan lebih, Facebook kini menepati janjinya untuk memperluas dukungan layanan streaming yang diusung Music Stories. Selain Apple Music dan Spotify, Music Stories kini juga dapat menampilkan preview lagu yang dibagikan dari Deezer, Napster, Rhapsody, KKBOX maupun podcast yang berasal dari NPR.

Melengkapi perluasan dukungan tersebut adalah fitur anyar bernama Listen & Scroll. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap mendengarkan preview lagu atau podcast selagi melihat-lihat konten lainnya di News Feed.

Sejak diluncurkan pertama kali, Facebook Music Stories sendiri sudah bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat iOS dengan meng-update aplikasi Facebook ke versi yang terbaru. Sejauh ini masih belum ada desas-desus soal ketersediannya di Android, tapi versi web-nya dipastikan segera hadir tidak lama lagi.

Sumber: TheNextWeb dan Facebook.