11 November 2015

by Aditya Daniel

Facebook Siap Hadirkan Fitur Pengenalan Wajah Pada Aplikasi Messenger

Setelah hadir di aplikasi Moments, Facebook siap menghadirkan teknologi pengenalan wajah ke aplikasi Messenger.

Ketika kita mengunggah sebuah foto ke Facebook, ada satu fitur yang memudahkan kita untuk tag teman/ keluarga yang ada dalam foto tersebut. Facebook menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menghadirkan fitur ini. Kabarnya, Facebook sedang bersiap-siap memboyong fitur ini ke aplikasi mobile pesan instan mereka yaitu Messenger.

Dikutip dari Recode sang Product Manager dari Messenger Peter Martinazzi mengatakan tujuan dari hadirnya fitur ini adalah agar semakin banyak pengguna Facebook dan Messenger yang saling berbagi foto. Fakta menarik yang diungkap oleh Martinazzi adalah ada sebanyak 9.5 miliar foto yang dibagikan melalui Messenger bulan lalu.

Diberi nama Photo Magic, aplikasi Messenger akan menganalisa foto yang tersimpan dari Camera Roll di iPhone dan belum Anda unggah ke Facebook. Dari hasil analisa tersebut, jika Photo Magic mengenali salah seorang teman Anda di Facebook pada foto, Anda akan diberi notifikasi apakah ingin mengirimnya melalui Messenger atau tidak. Notifikasi yang ditampilkan tak akan mengirim secara otomatis foto tersebut.

Jika notifikasi tersebut di-tap, Anda akan dibawa ke Messenger dengan foto sudah ter-attach dan siap dikirimkan. Anda tinggal mengetik pesan tambahan atau caption untuk foto tersebut. Martinazzi juga menjelaskan kepada Mashable bahwa fitur Photo Magic yang akan hadir ini menggunakan teknologi yang sama dengan yang digunakan Facebook di situsnya serta aplikasi Moments.

Lalu, bagaimana kalau kita tidak ingin menggunakan fitur ini? Menurut Martinazzi, fitur Photo Magic ini sepenuhnya opsional. Anda bisa menonaktifkannya jika tak ingin menggunakan Photo Magic. Sebelumnya, fitur pengenalan wajah juga telah dileburkan ke dalam aplikasi Moments.

Facebook sedang menguji coba fitur ini, dan Australia menjadi negara pertama yang kebagian fitur Photo Magic. Uji coba ini dimaksudkan agar fitur yang dimaksud tak menakutkan bagi para pengguna saking canggihnya. Bisa saja justru pengguna merasa risih dengan hadirnya fitur ini.

Dalam beberapa minggu ke depan rencananya Facebook akan menggelontorkan fitur ini ke semua pengguna Messenger.

Bagaimana pendapat Anda, akan Messenger yang akan semakin pintar dengan bisa menganalisa dan mengenali teman Facebook di foto yang tersimpan?

Sumber: Recode, Mashable, Buzzfeed. Gamber header: Facebook