1. Lifestyle

Facebook Spaces Tak Akan Gantikan Oculus Rooms, Begitu Juga Sebaliknya

Meski keduanya mirip, fungsi dan tujuannya berbeda

Diluncurkan menjelang akhir tahun lalu, Oculus Rooms menjanjikan pengalaman multiplayer yang seamless antara pengguna Samsung Gear VR dan Oculus Rift. Delapan bulan berselang, Rooms tak kunjung datang untuk Rift. Malahan, April lalu Facebook memperkenalkan app serupa bernama Spaces.

Meski sepintas mirip, dua aplikasi ini punya tujuan yang berbeda. Spaces lebih menitikberatkan aspek sosial, dimana aplikasi akan terhubung langsung dengan akun Facebook milik pengguna. Rooms di sisi lain menawarkan kemudahan untuk membentuk party di antara beberapa pemain, sebelum akhirnya masuk ke game multiplayer bersama-sama.

Berbicara kepada UploadVR, Rachel Franklin selaku Head of Facebook Spaces mengungkapkan bahwa mereka tidak punya wacana untuk menggantikan Oculus Rooms dengan Spaces, ataupun sebaliknya. Beliau lanjut menjelaskan bahwa Rooms punya peran penting terhadap platform Oculus berkat aspek multiplayer yang ditawarkannya.

Tanpa Rooms, multiplayer sebenarnya sudah bisa dinikmati, tapi harus langsung dari game yang bersangkutan. Dengan Rooms, interaksi antar pemain sejatinya bisa dilanjutkan sampai di luar game, atau ketika berpindah ke game lain.

Sayangnya sampai detik ini belum ada informasi pasti terkait kapan Rooms akan tersedia untuk Rift. Cofounder Oculus, Nate Mitchell, sebelumnya cuma mengatakan kalau timnya akan terus menyempurnakan Rooms untuk Gear VR sebelum menghadirkannya ke Rift.

Sumber: UploadVR.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again