Categories

Social Media

Facebook Uji Fitur Supaya Story di Facebook Bisa Ikut Diunggah ke Instagram Secara Otomatis

Sekarang sudah bisa tapi cuma sebaliknya

Glenn Kaonang - 11 March 2020

Instagram punya fitur Story, Facebook juga punya fitur Story. Keduanya saling berkaitan; saat hendak mengunggah Story di Instagram, kita bisa memilih opsi agar Story tersebut juga akan muncul di Facebook. Sayang ini tidak berlaku sebaliknya; Story yang diunggah ke Facebook tidak bisa diteruskan ke Instagram secara otomatis.

Kedengarannya janggal memang, akan tetapi Facebook menyadari apa yang salah. Baru-baru ini, mereka dilaporkan sedang menguji fitur agar Story yang diunggah ke Facebook bisa ikut muncul di Instagram secara otomatis.

Gambar di bawah ini adalah tampilan fiturnya, diambil oleh Jane Manchun Wong yang dikenal hobi mengorek barisan kode dalam aplikasi (reverse engineering) guna mencari fitur-fitur baru yang belum diumumkan. Jadi sesaat sebelum mengunggah Story ke Facebook, pengguna dapat membuka menu Privacy dan memilih opsi “Share Story to Instagram”.

Sumber gambar: Jane Manchun Wong
Sumber gambar: Jane Manchun Wong

Namun fitur cross-posting ini juga mendatangkan persoalan baru: kita bakal sering melihat Story yang sama (dari orang yang sama) sebanyak dua kali, sebab yang sudah kita tonton di Instagram akan muncul di Facebook dengan tanda belum ditonton, demikian pula sebaliknya. Satu-satunya solusi atas masalah ini adalah apabila Facebook juga menerapkan semacam sistem sinkronisasi.

Semoga saja Facebook bisa menghadirkan sinkronisasi data sebelum mereka meluncurkan fitur cross-posting Story ini secara resmi. Jadwal perilisannya belum ditetapkan, akan tetapi Facebook telah mengonfirmasi bahwa mereka memang sedang menguji fitur ini bersama sejumlah pengguna.

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter