Meskipun bukan berperan sebagai media berita, Facebook berupaya menghadirkan suguhan News Feed yang relevan bagi penggunanya secara konsisten. Mengingat platform media sosial mereka menjadi salah satu pilihan penerbit di seluruh dunia untuk membagikan konten-konten terbarunya. Untuk menghadirkan aliran News Feed yang relevan dan sesuai dengan minat, Facebook telah menawarkan beberapa opsi untuk digunakan, antara lain See First, Hide, Unfollow dan juga Snooze. Semuanya dihadirkan untuk menjaga relevansi dan juga kenyamanan penggunanya.

Tapi itu saja ternyata belum cukup. Yang paling baru, Facebook mengonfirmasi sedang menguji fitur tambahan yang dinamai Keyword Snooze, fitur yang memungkinkan pengguna membungkam atau mencegah bahasan dengan kata kunci tertentu tampil di News Feed selama 30 hari.

facebook-snooze-techcrunch

Penggunaannya bisa diterapkan untuk berbagai tujuan, misalnya mencegah bocoran film yang baru rilis, hoax, topik tertentu, bisa juga nama tokoh, dan lain sebagainya. Facebook mengonfirmasi kepada Techcrunch bahwa fitur ini hanya akan bekerja untuk membungkam teks, bukan gambar, sinonim ataupun iklan. Facebook punya tool lain untuk membungkam yang terakhir.

Fitur ini serupa dengan fitur Snooze yang terlihat sejak bulan Desember lalu. Bedanya, fitur Snooze berguna untuk membungkam seluruh postingan dari pengguna, grup atau Page tertentu. Juga selama 30 hari.

Seperti fitur baru lainnya, Keyword Snooze saat ini masih dalam tahap pengujian dan baru bisa dipergunakan setelah dirilis ke publik. Untuk sementara, Anda bisa menggunakan fitur Snooze untuk membungkam pengguna yang rasis, suka menyebar hoax atau berperilaku spamming.

Sumber NewsroomFB.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.