1. Startup

Facebook Tidak Jadi Buka Kantor di Indonesia Dalam Waktu Dekat

Sebuah kabar yang “kurang enak” didengar datang dari salah satu raksasa social media di dunia, Facebook. Tersiar kabar bahwa situs besutan Mark Zuckerberg tersebut enggan membuka kantor resminya di Indonesia. Padahal, Indonesia merupakan salah satu dari lima besar negara-negara yang memiliki jumlah pengguna Facebook terbanyak di dunia.

64 juta pengguna aktif dan menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki jumlah pengguna terbanyak nampaknya tak mampu menggoyahkan Facebook untuk membuka kantornya di Indonesia, setidaknya itulah yang disampaikan oleh Charlene Chian selaku Head Communication Facebook for APAC. "Karena Indonesia adalah salah satu dari lima negara di dunia dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak (per Oktober 2012), kami tentu mencari cara agar warga Indonesia bisa memperoleh manfaat lebih dari platform kami, tapi saat ini kami tak berencana membuka kantor di Indonesia." Ujar Charlene.

Seperti yang dikutip dari situs pewarta berita Kompas Tekno, hal ini membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara dari daftar lima besar negara pengguna Facebook terbanyak yang tidak memiliki kantor Facebook sendiri setelah – tentunya – Amerika Serikat, Brasil, India, dan Meksiko yang saat ini telah memiliki kantor Facebook sendiri

Hal ini tentu bertolak belakang dengan apa yang disampaikan oleh Dan Neary – VP Facebook for APAC pada gelaran ID-Byte 2013 beberapa waktu lalu. Dalam acara tersebut, dirinya sempat menyatakan Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk meraih angka 1 milyar pengguna berikutnya, namun dengan tersiarnya kabar ini, setidaknya pengguna Facebook di Indonesia untuk sementara harus “gigit jari” menantikan kapan kantor resmi Facebook resmi berdiri di Indonesia.

Pun hal yang sama juga sempat diungkapkan oleh Daud Aditirto, mantan Director of Business Development Opera yang kini berlabuh di Facebook. Beberapa waktu lalu seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, dirinya sempat berujar kemungkinan besar Facebook akan membuka kantor resminya di Indonesia pada paruh kedua tahun 2013 ini, dan bahkan akan membuka perekrutan staf di Indonesia. Namun kembali lagi, dengan adanya kabar tersebut, tampaknya pernyataan Daud tersebut tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

Sebagai gantinya, Charlene Chian dalam hal ini menambahkan, pihaknya akan berupaya untuk mempererat kerjasama dengan beberapa pihak agensi di Indonesia. "Facebook akan menjalin kerjasama dengan agensi media digital di Indonesia melalui workshop kreatif untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka agar bisa membantu klien dengan lebih baik", imbuhnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again