Categories

Interview

Fashion Commerce Belowcepek Bertransformasi, Hadirkan Produk Busana Premium Lokal

Telah memiliki 2 ribu pengguna aktif dan mengalami kenaikan pendapatan sebesar 100% setiap tahunnya

Yenny Yusra - 1 August 2016

Layanan fashion e-commerceBelowcepek yang telah berdiri sejak tahun 2011 tahun ini bertransformasi dengan logo baru menjadi Belowcepek and more. Bukan hanya nama dan logo saja yang berubah, namun situs yang didirikan oleh Riana Bismarak ini juga sudah menghadirkan produk premium dengan nama Premium Ree dengan harga di atas Rp 100 ribu.

“Saat ini Belowcepek.com merubah logo menjadi Belowcepek.com and more yang ternyata perubahan tersebut bisa menambah jumlah pelanggan,” kata Riana Bismarak kepada DailySocial.

Selain itu Belowcepek juga menjual produk baju muslim secara grosir pada bulan Ramadhan lalu untuk membantu para penjual dan memudahkan konsumen yang enggan untuk membeli baju Muslim langsung ke toko grosir seperti Tanah Abang dan Thamrin City.

Salah satu kunci kesuksesan yang telah dilakukan oleh Belowcepek menghadapi kompetitor yang ada selama ini adalah, berusaha untuk selalu relevan dengan tren dan minat perempuan Indonesia. Mulai dari cara styling, model yang dipakai, tren yang ada sekarang hingga inovasi pemasaran dengan mengandalkan media sosial. Yang paling penting adalah pendekatan dengan pelanggan dan kualitas produk.

Menambah produksi dan meningkatkan penjualan

Saat ini Belowcepek mengklaim telah memiliki sekitar 2 ribu pengguna aktif, sementara untuk kenaikan pendapatan diperkirakan sejak awal secara konsisten mengalami kenaikan sebesar 100% setiap tahunnya.

Sebagai fashion e-commerce yang mengedepankan produk busana buatan lokal, Belowcepek telah berhasil mengumpulkan sejumlah mitra lokal untuk menjadi penjual di situs Belowcepek. Saat ini sebanyak 70 UMKM telah bergabung menjadi mitra Belowcepek dan jumlah keseluruhan mencapai seribu SKU.

“Perlu diketahui bahwa Belowcepek.com tidak didanai oleh investor, semua berawal hanya dari modal nekad dan uang pribadi saya sebanyak Rp 100 juta. Sejak diluncurkan bulan November 2011 sampai sekarang semua pemasukan dan profit di re-invest untuk mengembangan perusahaan,” kata Riana.

Salah satu investasi yang dilakukan oleh Belowcepek adalah mencoba untuk menghasilkan produk pilihan dengan private brand dari Belowcepek. Diantaranya adalah Premium Ree dan Blanik yang juga resmi diluncurkan pada tahun 2016.

“Dua tahun yang lalu saya berkesempatan untuk ikut Jakarta Fashion Week. Di situlah brand premium Ree Indonesia pertama kali diluncurkan, yang ternyata setelah ikut berbagai pameran peminatnya banyak sekali. Akhirnya Ree bergabung di webstore BelowCepek.com, meski harganya di atas 100 ribu,” kata Riana.

Meskipun demikian hingga kini Belowcepek masih terus menyediakan busana pilihan dengan harga di bawah seratus ribu khusus untuk pelanggan setia dan pelanggan baru Belowcepek. Belum berniat untuk meluncurkan aplikasi mobile, saat ini fokus dan komitmen utama dari Belowcepek adalah memperbanyak produksi untuk dapat meningkatkan penjualan.

“Untuk webstore sendiri kita sudah sangat mobile friendly. Untuk app ada rencana tapi harus dimatangkan karena kita tidak mau hanya sekedar app yang bentuknya sama seperti web,” tutup Riana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter