Categories

Interview

Platform Terkurasi Fasyen Tawarkan Rekomendasi Produk Fashion Dan Kecantikan

Mulai tersedia secara beta di Android, mengandalkan referensi sesama pengguna, fashion blogger, hingga kalangan profesional

Yenny Yusra - 20 October 2015

Fasyen hadir sebagai platform pertama yang mengedepankan pencarian secara sosial untuk produk kecantikan dan fashion terkini melalui perangkat mobile. Mengandalkan informasi dan pengalaman dari 150 fashion blogger di Indonesia, Fasyen yang didirikan pada tahun 2014 oleh Valen dan Kuffy Fan mencoba menjawab kebutuhan para perempuan Indonesia untuk mendapatkan rekomendasi dari sesama fashion dan beauty enthusiast, ahli kecantikan, pakar fashion, dan tentunya fashion blogger.

Produk yang ditawarkan Fasyen di antaranya produk kecantikan, busana, makeup, sepatu, tas, aksesoris dan lainnya. "Saat ini rekomendasi yang disajikan oleh media berupa rekomendasi dari ahli dengan produk yang mainstream, Fasyen mencoba menawarkan pilihan baru bagi pecinta fashion dan kecantikan di Indonesia,” kata Valen.

Fasyen menggabungkan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan oleh Instagram sebagai platform berbagi foto. Foto yang telah diambil kemudian bisa diunggah ke Fasyen untuk berbagi informasi seputar produk kecantikan hingga fashion kepada pengguna lainnya. Perbedaannya adalah jika di Instagram hanya bisa disematkan tagar, tag, dan lokasi, melalui Fasyen konsumen bisa men-tag brand, harga, dan tempat belanja. Untuk memudahkan pencarian secara khusus bisa digunakan juga tagar, kategori, gaya, dan bahan.

“Dengan cara ini kami bisa mengatur berdasarkan user generated content memudahkan pengguna untuk mencari produk yang diinginkan tanpa harus melihat produk lain yang tidak relevan,” ungkap Valen.

Contoh sederhana yang terdapat di fitur Fasyen adalah jika pengguna ingin mencari produk kecantikan pemutih wajah, bisa langsung menuliskan tagar “pemutih” atau “whitening”, nantinya produk yang tampil adalah ragam pilihan yang direkomendasikan oleh sesama pengguna hingga konsultan kecantikan.

Fitur lain yang bisa dimanfaatkan adalah konten terkurasi dari editor Fasyen berdasarkan postingan dari pengguna. Pilihan tersebut nantinya dibuat dalam kategori seperti Top 10 Produk Pemutih Wajah Buatan Korea, semua postingan dari pengguna dikumpulkan dan akan dipublikasikan, dengan demikian para pengguna juga berkesempatan menjadi trendsetter produk kecantikan hingga fashion.

“Fasyen juga menawarkan reward yang bisa diperoleh oleh pengguna berupa penambahan point hingga level yang nantinya bisa ditukarkan dalam bentuk giveaway dari brand ternama,” lanjut Valen.

Pemasaran melalui media sosial hingga fashion blogger

Menargetkan kalangan perempuan berusia mulai dari 16 hingga 35 tahun, promosi yang dilakukan oleh Fasyen hingga kini masih mengandalkan influence para fashion blogger yang pada umumnya memiliki jumlah follower yang banyak, baik di Instagram, blog, atau platform media sosial lainnya.

Serupa dengan promosi yang dilakukan oleh produk lainnya, Fasyen juga menawarkan referral code berupa invitation yang bisa digunakan oleh pengguna atau blogger untuk mengunduh aplikasi Fasyen di platform Android (tersedia berkas APK yang bisa diunduh langsung di situs Fasyen).

“Kami tidak mau secara langsung meluncurkan aplikasi untuk publik untuk menghindari adanya error atau kendala lainnya. Dengan menggunakan referral code kami ingin menyaring pengguna dari kalangan blogger atau pengguna terpilih dahulu hingga aplikasi kami siap diluncurkan dalam waktu dekat,” ujar Valen.

Meskipun saat ini Fasyen belum melakukan penjualan produk, namun mereka mengklaim memiliki keunggulan lebih yang bisa ditawarkan kepada para pecinta fashion dan produk kecantikan di Indonesia.

“Keunggulan kami tentunya adalah layanan mobile, kemudian Fasyen memfokuskan penjelajahan informasi langsung berupa produk terbaru dalam bentuk foto dari pengguna dengan demikian akan memberikan pengalaman yang berbeda,” kata Valen.

Untuk meningkatkan layanan yang ada, rencana mereka berikutnya adalah mengoptimalkan product market fit. Fasyen juga akan melanjutkan program referral code dalam bentuk invitation only kepada pengguna untuk mendapatkan feedback.

“Saat ini Fasyen masih melakukan persiapan trial and error untuk aplikasi kami di Android yang rencananya akan diluncurkan bulan November mendatang,” tutup Valen.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter