22 December 2017

by Glenn Kaonang

Fat Shark 101 Adalah Paket Lengkap untuk Memulai Hobi Balap Drone

Dengan modal $249, Anda bakal mendapatkan sebuah racing drone, FPV headset dan remote controller, yang semuanya bisa langsung dipakai begitu dikeluarkan dari dalam boks

Merebaknya tren drone seakan menghidupkan kembali hobi para penggemar mobil R/C (remote control), yaitu balapan. Namun kalau dulu balapannya berlangsung di daratan, sekarang ajang adu cepatnya melibatkan robot terbang alias drone.

Balap drone memang masih tergolong baru, akan tetapi trennya terus melambung, dan organisasi sekelas ESPN pun sempat mengutarakan harapannya agar drone racing bisa sepopuler Formula 1. Singkat cerita, balap drone tak bisa lagi dipandang sebelah mata, bahkan DJI pun belum lama ini merilis semacam headset yang dikhususkan untuk hobi baru ini.

Di tempat lain, ada pabrikan bernama Fat Shark yang mengawali kiprahnya di bidang mobil R/C, namun belakangan menjadi populer di kalangan pembalap drone berkat deretan FPV (first person view) headset-nya. Menjelang pergantian tahun, Fat Shark memutuskan untuk memulai babak baru dengan merilis racing drone-nya sendiri.

Dijuluki Fat Shark 101, ini merupakan paket lengkap seharga $249 untuk memulai hobi balap drone. Pada bundelnya, konsumen akan mendapatkan sebuah drone, FPV headset dan remote controller, yang semuanya siap untuk dijadikan gaco balapan sesaat setelah dikeluarkan dari dalam boks, tanpa perlu merakit apa-apa.

Drone-nya sendiri cukup imut, dengan wujud menyerupai seekor ikan hiu. Untuk headset-nya, meski terkesan simpel namun Fat Shark cukup yakin akan kemampuannya menyajikan live feed dari kamera drone tanpa mengalami lag atau stuttering.

Meski Fat Shark mendeskripsikannya sebagai "Drone Training System", 101 sebenarnya merupakan sebuah platform yang dapat di-upgrade. Artinya, sejumlah komponennya bisa dilepas dan diganti dengan yang baru atau yang lebih superior, semuanya tinggal menyesuaikan dengan bakat pengguna yang semakin terasah.

Sumber: The Verge.