Categories

Berita

Female Daily Network Mendapatkan Pendanaan dari Angel Investor untuk Pengembangan Situs E-Commerce

Aulia Masna - 22 December 2011

Pada hari Rabu, DailySocial berkesempatan untuk berbincang dengan Affi Assegaf dan Hanifa Ambadar dari Female Daily Network tentang pendanaan dari angel investor yang baru saja mereka dapatkan serta tentang rencana masa depan mereka.

Meskipun ada kesamaan dalam nama, Female Daily Network dan DailySocial tidak memiliki relasi. Female Daily Network didirikan pada tahun 2005 sebagai sebuah blog santai tentang fashion yang kemudian tumbuh menjadi tujuan online bagi para perempuan Indonesia yang ingin membaca dan membahas tentang isu-isu terkait perempuan.

Saat ini Female Daily memiliki 3 media outlet, Fashionese Daily, Mommies Daily, dan Pops Daily serta sebagai forum eksklusif untuk perempuan dengan Market Plaza yang mejadi marketplace milik mereka yang cukup populer. Female Daily Network dikelola menggunakan dana pribadi sebelum kemudian berhasil menarik sejumlah mitra dan pengiklan termasuk merk-merk fashion utama seperti GAP, Mango, dan Metro Department Store, merk make-up seperti Estee Lauder dan grup L’Oreal, dan bahkan berbagai merk lain seperti Nokia, Samsung, dan Mazda.

Mirip dengan yang akan dilakukan oleh Kaskus atas Forum Jual Beli mereka, Female Daily juga berniat untuk meluncurkan layanan Markat Plaza menjadi sebuah situs e-commerce mandiri. Perbedaannya adalah, selama ini Market Plaza telah hadir sebagai sarana berbayar untuk melakukan transaksi/berjualan, di mana penjual yang ada dipilih berdasarkan reputasi mereka dan waktu yang dihabiskan di forum, selain itu ada biaya yang wajib dibayarkan kepada Market Place sebagai biaya sewa.

Market Plaza dimaksudkan untuk menjadi tempat perdagangan yang lebih terbuka untuk pengunjung forum, reseller produk serta merk-merk mapan, dan akan tersedia bagi siapapun yang ingin berbelanja. Untuk menjalankan rencana ini, para founder memulai sebuah misi untuk mencari dana dari luar.

Hanifa mengatakan bahwa proses pencarian dana telah menjadi sebuah pengalaman dalam mempelajari dunia investasi di Indonesia. Sejumlah pemodal ventura, atau mereka yang mengaku sebagai pemodal ventura, yang telah ditemui oleh Female Daily, tidak bertemu pada titik yang sama dengan rencana yang telah mereka susun. Beberapa diantara para investor ini gagal dalam hal ketekunan, yang lain memiliki latar belakang yang tidak begitu jelas. Tetapi ciri yang umum dihadapi adalah ciri-ciri yang telah kami diskusikan di DailySocial dengan beberapa startup.

Banyak dari para investor ini menuntut saham yang cukup besar atau peran mayoritas di perusahaan. Memang menjadi menjadi penasihat atau anggota dewan komisaris adalah satu hal, tetapi itu sepenuhnya merupakan hal yang berbeda dengan investor tunggal yang mencoba untuk menentukan arah perusahaan.

Affi mengatakan, “Kami akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan seorang angel investor yang kebetulan telah menjadi anggota yang cukp lama di forum. Dia sedang mencari kesempatan di luar investasi tradisional dan menginginkan investasi di ranah yang ia sukai”.

“Meskipun kami telah mengenalnya, tetapi karena kami telah bertemu dengan beberapa VC, kami tetap melakukan pitch dan cek latar belakang seperti yang kami lakukan ke VC lainnya. Rasanya itu adalah hal yang benar untuk dilakukan dan kami ingin segalanya dilakukan secara profesional. Pada akhirnya, kami menerima lebih dari apa yang kami telah rencanakan,” lanjut Affi.

Baik Affi dan Hanifa enggan untuk mengungkapkan siapa investor tersebut dan berapa jumlah investasi yang mereka dapatkan, karena itu hanya akan menganggu kesepakatan yang telah ada. Mereka juga menahan diri untuk mengungkapkan rincian kesepakatan lainnya.

Pada saat ini, Female Daily telah memiliki 30 ribu anggota di forum mereka dengan 100 ribu pengunjung serta memiliki 1.5 juta page view perbulannya. Fashionese Daily memiliki 50 ribu pengunjung per bulan sedangkan Mommies Daily 28.500 pengunjung per bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter