Categories

Feature

Fenomena Bitcoin dan Pokemon GO

Bitcoin bisa menjadi cara pembayaran yang cocok untuk micropayment benda-benda virtual seperti di permainan Pokemon GO

BitX - 20 July 2016

Minggu lalu, dunia melihat peluncuran Pokémon GO di ponsel Anda. Game terbaru Pokémon ini sangat cepat menjadi viral di seluruh dunia, para gamer berbondong-bondong lari menuju ke taman terdekat dan terpaku melihat layar ponsel mereka untuk “menangkap semua pokemon” tersebut.

Dengan cepatnya ini menjadi pusat perhatian dan banyak meme dan gambar-gambar pokemon tersebar di berbagai media sosial, para reporter outlet berita keluar kantor untuk mencoba game ini dan harga saham Nintendo melonjak naik tatkala seperti halnya harga Bitcoin.

Bagi kami di BitX dan komunitas Bitcoin lainnya, ini adalah topik pembicaraan yang menarik. Orang yang sering menghakimi telah berpaling dari topik uang virtual ke topik mahluk-mahluk virtual di pokemon.

Tapi apakah memperbudak makhluk virtual memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan ke ekosistem Bitcoin, atau mungkin sebaliknya? Munculnya dan kesuksesan satu malam game augmented reality seperti Pokemon GO ini adalah bukti bahwa adopsi ponsel dan mobile gaming masih terus berkembang. Sekarang pertanyaannya, akankah hal seperti “GO” untuk pembayaran mobile bakal terjadi?

Sistem pembayaran dalam permainan memungkinkan pemain untuk membeli barang virtual untuk mempercepat proses pemain untuk menangkap semua Pokemon. Pembayaran dilakukan biasanya dengan kartu kredit atau voucher prabayar.

Meskipun Google Play Store dan Apple App Store tidak secara langsung menerima Bitcoin (“belum”), Namun kita bisa membeli voucher prabayar dengan Bitcoin dan kemudian menggunakan ini untuk mendapatkan semua peralatan virtual yang Anda butuhkan.

Papa mama kamu akan lebih bersedia memberikan beberapa Bitcoin daripada informasi kartu kredit mereka. Hal ini memungkinkan anak-anak dan orang-orang tanpa kartu kredit untuk berpartisipasi dalam ekonomi barang virtual. Bahkan jika Anda memiliki kartu kredit, menggunakan Bitcoin untuk membeli voucher Play Store atau App Store dapat meminimalisir risiko Anda berbagi rincian informasi kartu kredit Anda dan informasi sensitif lainnya.

Micropayments

Dengan biaya transaksi yang rendah, Bitcoin sangat ideal untuk micropayment (pembayaran kecil). Hal ini membuat Bitcoin sebagai mekanisme pembayaran yang sangat ideal untuk pembelian konten digital, seperti Pokeball dalam kasus ini.

Tentu saja akan lebih fantastis jika Pokémon GO, atau online game lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang memiliki in-game ekonomi akan menerima Bitcoin. Bayangkan pergi ke toko Pokemon dan membeli Pokeball, incense dan lucky eggs dengan Bitcoin di bawah 30 detik. Integrasi langsung dengan Bitcoin bisa mengubah Bitcoin menjadi sukses dalam semalam.

Karena Bitcoin adalah interoperable, pemain dapat mentransfer nilai apapun yang diperoleh dalam satu game ke game lainnya asalkan game tersebut menerima Bitcoin (seperti Minecraft), atau dapat membayar atau membeli barang di dunia nyata. Sekarang sudah ada postingan di Craigslist dari orang-orang yang menawarkan dirinya untuk melatih Pokemon Anda. Ini akan menjadi sempurna jika kita bisa membayar pihak ketiga tersebut dengan Bitcoin yang kita peroleh dalam game.

Sampai saat itu, kita Bitcoiners harus sabar menunggu. Suatu hari nanti kita akan “tangkap mereka semua”, maju terus.

- Tulisan ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan BitX. Tulisan aslinya bisa ditengok di Blog BitX.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter