30 November 2015

by Yoga Wisesa

Fiat Pamerkan Mobil Elektrik Dengan Desain Star Wars

Penampilan hitam dan putih ala prajurit Stormtrooper mendominasi bagian eksterior dan interior kendaraan.

Menurut Anda, apa kira-kira hubungan antara Fiat dengan Star Wars? Keduanya hampir tidak memiliki kaitan: Fiat adalah produsen mobil dari Itali, sedangkan Star Wars ialah franchise petualangan sci-fi milik Disney. Menariknya, hal tersebut ternyata tidak menghentikan kedua tim yang memiliki latar belakang berbeda itu untuk melakukan kolaborasi.

Ada pemandangan unik di sebuah pojok dalam pameran 2015 Los Angeles Auto Show. Di sana dipamerkan satu kendaraan yang mungkin cukup familier buat Anda, namun kombinasi cat hitam putihnya membuat fans Star Wars segera memalingkan wajah. Fiat memamerkan mobil 500e edisi Star Wars: The Force Awakens, tepatnya mirip helm Stormtrooper, diracik sebagai tie-in dari film tersebut.

Stormtrooper memang merupakan salah satu maskot ikonis saga Star Wars, dan khusus di Fiat 500e Star Wars: The Force Awakens, desain mengambil inspirasi dari baju zirah First Order Legion. Kaca depan dan samping sengaja 'disatukan' agar langsung mengingatkan kita pada helm dan visor Stormtrooper. Penggunaan paint job dua warna tersebut juga diterapkan pada roda dan interior.

Warna putih dan hitam turut mengisi dashboard, dibumbui logo Star Wars. Kursi depan dan belakang dirancang secara custom dari kulit dan material Alcantara. Komposisi dua tone itu Anda akan temukan di seluruh bagian dalam Fiat 500e, kemudian ilustrasi helm Stormtrooper ditaruh di tengah setir. Pertanyaan saya sederhana, apakah cat putih yang naik ke kaca depan tidak mengganggu pengelihatan pengemudi?

Fiat menjelaskan via press release, "Layaknya armor Stormtrooper, Fiat 500e menggabungkan teknologi modern dan fungsionalitas, dipadu desain Itali klasik, memastikannya jadi kendaraan sempurna untuk menguasai galaksi dengan penuh gaya. Fiat 500e Stormtrooper diciptakan oleh tim Garage Italia Customs."

Fiat 500e sendiri dibangun berbasis 500 Elettra, mengusung tema retro-futuristis namun tetap memegang rancangan khas Fiat. Ia ditenagai motor elektrik three-phase synchronous drive 111hp dan baterai 24kWh, sanggup berjelajah sampai 130km atau 160km di area perkotaan. Waktu isi ulang baterainya diklaim kurang dari empat jam melalui charging module Level 2 (240V). Versi The Force Awakens tampaknya turut memanfaatkan sistem navigasi TomTom dan teknologi hands-free BLUE&ME.

Di lembar rilis, Fiat tidak menyebutkan harga, dan besar kemungkinan mereka tidak berniat untuk menjualnya.

Via Venture Beat. Sumber: AutoBlog. Gambar: MotorTrend.