1. Lifestyle

Fig, Situs Crowdfunding Khusus Game dengan Sistem Bagi Hasil

Belakangan ini, tren pengembangan game dengan metode crowdfunding mencuat cukup drastis. Jika Anda mengunjungi situs crowdfunding populer seperti Kickstarter atau Indiegogo, Anda bisa melihat bahwa proyek yang masuk dalam kategori game jumlahnya cukup banyak. Bahkan franchise setenar Shenmue tidak segan mengumpulkan dana di Kickstarter demi menggarap sekuel keduanya.

Menanggapi tren ini, sebuah situs crowdfunding baru muncul demi mewadahi developergame indie secara khusus. Bernama Fig, situs ini didirikan oleh Justin Bailey, mantan COO Double Fine Productions yang terkenal akan game Psychonauts besutannya.

Sistem yang diusung Fig sangat berbeda dibanding Kickstarter atau Indiegogo. Setiap bulannya hanya ada satu game yang akan menjalani kampanye pengumpulan dana. Game tersebut dipilih langsung oleh tim penasihat yang dibentuk Fig, yang melibatkan sejumlah sosok tenar di industri game, di antaranya Tim Schafer (pencetus Grim Fandango), Feargus Urquhart (desainer Fallout 2 dan Baldur's Gate) dan Brian Fargo (desainer Wasteland, game yang sejatinya merupakan cikal-bakal Fallout).

Info menarik: Pencipta Mighty No. 9 Memulai Proyek Game Baru, Red Ash

Setelah suatu kampanye berakhir dan sukses mencapai target, sang developer akan terus dibimbing oleh tim penasihat tersebut guna menyempurnakan game-nya hingga siap dirilis. Di saat yang sama, sosok-sosok ternama tadi juga berencana menjadikan Fig sebagai tempat kampanye pengumpulan dana game besutan studionya masing-masing.

Selain dimotori oleh tim penasihat yang sudah sangat berpengalaman di industri game, Fig rupanya juga mengemas fitur unik yang tak bisa dijumpai di Kickstarter atau Indiegogo. Selain menjadi backer, kita juga bisa menjadi investor dari suatu developer. Dengan kata lain, kita tidak hanya bisa berkontribusi terhadap lahirnya suatu game yang menarik, tetapi juga memperoleh persentase keuntungan dari hasil penjualan game tersebut, alias bagi hasil.

Fig saat ini sudah beroperasi secara resmi. Game perdana yang menjalani kampanye di sana adalah Outer Wilds besutan Mobius Digital, yang mengambil tema petualangan dalam settingopen-world.

Sumber: Forbes.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again