Categories

Gadget

Fiio M7 Adalah Portable Music Player yang Mengedepankan Fitur-Fitur Modern

USB-C, SoC Samsung Exynos, dan Bluetooth 4.2 dengan dukungan codec hi-res

Glenn Kaonang - 24 May 2018

Pasar portable music player (PMP) premium kembali dibuat meriah oleh kehadiran dua produk terbaru Astell & Kern. Dengan banderol $699 dan $1.699, keduanya mungkin hanya bakal dilirik oleh kalangan audiophile yang benar-benar hardcore. Buat kalangan yang lebih luas, penawaran terbaru Fiio mungkin terkesan lebih masuk akal.

Namanya Fiio M7, dan ia merupakan PMP yang benar-benar dirancang untuk tahun 2018. Indikasinya adalah port USB-C yang tertanam di bawahnya, yang berarti ia bisa digunakan bersama headphone USB-C, meski menurut saya skenario ini tidak begitu ideal.

Alasannya, headphone USB-C mengemas DAC-nya (digital-analog converter) sendiri, sedangkan M7 sebagai pemutar musik dedicated juga sudah pasti mengusung DAC yang lebih istimewa, spesifiknya chip ESS Sabre 9018. Jadi, port USB-C miliknya mungkin lebih baik digunakan untuk charging dan mengisi lagu saja, sebab perangkat juga masih dibekali jack 3,5 mm standar.

Modernitasnya tidak berhenti sampai di situ saja. Fiio juga sudah membenamkan SoC (system-on-chip) Exynos 7270 buatan Samsung, yang diklaim dapat membantu mengoptimalkan daya tahan baterai perangkat. Benar saja, dalam satu kali pengisian, M7 bisa beroperasi sampai 20 jam nonstop, atau 40 hari dalam posisi standby.

Pemutaran format lossless sudah pasti menjadi hal yang diunggulkan perangkat semacam ini, dan M7 pun mendukung format PCM 24-bit/192kHz. Namun bagi yang memprioritaskan kepraktisan, M7 juga bisa disambungkan ke headphone Bluetooth, serta kompatibel dengan codec hi-res macam aptX-HD maupun LDAC besutan Sony.

Penyimpanan internalnya tidak banyak, hanya 2 GB, tapi pengguna masih bisa menancapkan microSD sampai sebesar 512 GB. Yang cukup unik, M7 ternyata juga bisa dipakai untuk memutar radio FM, dan ini bisa dioperasikan via layar sentuh 3,2 incinya, dengan resolusi 800 x 480 pixel.

Satu-satunya fitur modern yang absen di Fiio M7 adalah Wi-Fi, yang berarti Anda tidak bisa memakainya untuk streaming. Terlepas dari itu, harganya yang cuma $200 membuatnya terkesan jauh lebih masuk akal bagi konsumen yang ingin 'naik kelas' dari sekadar menikmati musik bersama ponselnya. Konsumen tanah air juga dapat membeli M7 melalui AliExpress seharga $260, tanpa biaya pengiriman tambahan.

Sumber: SlashGear dan Fiio.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter