4 December 2013

by Yoga Wisesa

FiLIP Smartwatch, Jam Tangan Pintar Untuk Keamanan Si Buyung

Smartwatch memang mendapatkan momentumnya baru-baru ini. Ia adalah lini baru yang menjadi konsentrasi para jawara consumer electronic seperti Samsung, Sony, Google, bahkan hingga Nike dan Adidas. Ide smartwatch diusung dengan mengkombinasi fleksibilitas kegunaan dan teknologi - berbeda dari arloji biasa yang biasanya dipakai untuk menunjukkan prestise. Namun smartwatch FiLIP dibuat dengan visi yang sedikit berbeda.

FiLIP adalah perusahaan kecil yang didirikan oleh seorang ayah yang tinggal di New York, ia bernama Sten Kirkback. Ide penciptaan smartwatch ini berawal dari saat ia kehilangan sang buah hati selama setengah jam. Dari saat itu dia berjanji untuk tidak melepaskan perhatian darinya, bahkan saat ia tidak bisa hadir di samping si buyung. Kemudian ia mulai mengembangkan FiLIP smartwatch.

FiLIP smartwatch bukan hanya bekerja untuk melacak kemana sang buah hati pergi, namun juga memiliki fungsi telepon serta alarm panik. Para orang tua bisa mengkustomisasi SafeZone dan akan mendapatkan peringatan jika sang anak meninggalkan area ini dengan aplikasi FiLIP yang tersedia untuk smartphone.

Dalam smartwatch untuk si buyung ini, Anda bisa memasukkan lima nomor telepon penting yang bisa langsung ia hubungi dengan satu sentuhan. Bukan itu saja, ada tombol panik di samping device jika mereka merasa sedang dalam bahaya. Smartphone ini memanfaatkan sensor GPS build-in yang ada di dalamnya.

Bukan itu saja, Sten Kirkback dan kawan-kawan menggunakan teknologi cell-tower triangulation untuk mendapatkan lokasi tepat keberadaan sang pengguna melalui jaringan telepon selular di daerah itu. Untuk membuat semuanya lebih akurat, ia mempunyai Wi-Fi yang mampu tersambung ke network internet sekitar. FiLIP memanfaatkan segala hal yang bisa digunakan untuk keamanan buah hati.

Untuk mengakses menu, pengguna hanya perlu menekan tombol biru di samping smartwatch. Di dekatnya terdapat tombol panik a la Emergency Alarm berwarna merah, untuk mengaktifkannya Anda perlu menahannya beberapa saat. Pastikan saja anak Anda tidak menekan tombol yang salah karena hal itu akan sangat merepotkan.

Saat mengaktifkan alarm ini, smartwatch akan mengirimkan sinyal lokasi ke smartphone orang tua dan merekam suara-suara yang ada di sekitar sang buah hati. Sangat lengkap sekali.

FiLIP smartwatch di desain agar bisa digunakan anak-anak dari umur 5 hingga 11 tahun, app-nya sendiri sudah tersedia untuk Android dan iOS. Perangkat jam tangan cerdas ini disajikan dengan empat pilihan warna - hijau, merah, biru, pink - dan dibanderol seharga US$ 199.

Sedikit ide untuk para pengembang smartwatch: bagaimana jika Anda merancang device dengan kegunaan sejenis dipadu dengan fungsi borgol, kemudian tawarkan pada instansi penegak hukum?

Via DailyMail.co.uk. Gambar header: Mashable.com, gambar lainnya: Chipchick.com.