Tahun lalu, Facebook memulai proyek barunya bernama Find Wi-Fi, sebuah fitur yang dipersiapkan untuk aplikasi utamanya. Sesuai namanya, Find WiFi membantu pengguna memindai dan menemukan cafe, kantor atau fasilitas publik yang mempunyai jaringan Wi-Fi gratis. Kala digodok, fitur ini baru digulirkan ke platform iOS di beberapa negara dan akhir pekan lalu Facebook akhirnya memperluas kehadiran fitur barunya ke seluruh dunia termasuk ke platform Android.

Alex Himel, Engineering Director Facebook dalam blog post resmi mengatakan bahwa fitur Find WiFi telah banyak membantu orang-orang yang bepergian, terutama ke area yang data selulernya sangat buruk. Fitur ini membantu pengguna menemukan hotspot Wi-Fi yang telah dibagikan ke Fan Page oleh mereka pemilik jaringan. Dengan begitu, pengguna dapat memetakan jaringan terdekat ketika kualitas data tidak memadai.

Ketika fitur ini diaktifkan, ia akan menunjukkan lokasi Hotspot terdekat dengan pengguna bersama dengan jam buka, jenis tempat dan juga nama jarigannya. Tetapi seperti dijelaskan dalam tulisan Himel di atas, pemilik bisnis harus membagikan layanannya tersebut melalui Fan Page resminya. Jika tidak, maka Wi-Fi yang tersedia tidak akan tampil atau terbaca.

Dalam pengumuman-nya itu Facebook juga mengaku sedang menggarap jaringan kabel di bawah lalu antara Los Angeles dan Hong Kong, drone internet dan juga akses internet berbasis laser.

Sumber berita Fb.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.