30 April 2014

by Bambang Winarso

Firefox 29 Resmi Diluncurkan, Tampil Beda, Lebih Ringan, dan Tambahkan Fitur Baru

Peramban Firefox versi terbaru, Firefox 29, resmi diluncurkan oleh Mozilla. Berbeda dengan update-update sebelumnya, di versi ini Mozilla melakukan perombakan super radikal yang bisa membuat Anda kebingungan di detik-detik awal. Tampilannya 100% berbeda dengan versi sebelumnya serta hadir pula fitur-fitur yang serba baru.

Saat mendengar adanya update terbaru Mozilla Firefox, saya langsung melakukan update. dan benar adanya, versi terbaru ini tidak hanya punya tampang yang lebih segar tetapi juga punya performa yang lebih ringan. Berikut adalah beberapa hal baru yang ada di Firefox 29 hasil pengamatan Trenologi.

 

Info Menarik: Acer Perkenalkan Liquid Leap, Smart Band Fitness Pertama Mereka

 

Desain Jendela Tab

Hal pertama yang akan ditemukan di Firefox 29 adalah desain jendela yang terkesan mewah, lebih mirip dengan Chrome memang tapi sentuhan Mozilla tetap melekat. Garis lekukan pada jendela tab terlihat lebih halus, hanya dibedakan atas warna namun justru memberikan kesan elegan.

Address bar diletakkan lebih menjorok ke kiri, Mozilla menggeser beberapa ikon ke sebelah kanan layar kendati pengguna masih dapat melakukan penyesuian sendiri. Sementara itu untuk Menu Bar tak banyak perubahan yang terlihat, padahal saya pribadi ingin melihat ada suasana baru di bagian tersebut. Jika ada, tampilan baru Firefox 29 akan sangat sempurna menurut saya.

Ikon Bookmark

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Mozilla menempatkan ikon-ikon di bagian kanan termasuk ikon Bookmark. Bedanya, tampilan ikon di versi Firefox 29 terlihat lebih bernuansa kalem, dan ikon bookmark baru dan koleksi bookmark ditempatkan berdampingan guna memudahkan akses oleh pengguna.

Info Menarik: Game Save The Hamsters Sudah Tersedia untuk Nokia X

Panel Setting Baru

Perubahan paling ketara lainnya terletak pada panel Settings. Jika sebelumnya berbentuk barisan teks, kini tampilannya menu dibuat berbentuk grid lengkap dengan ikon dan label. Sejumlah menu di versi sebelumnya mungkin tidak ditemukan di sini karena Mozilla memilih untuk mengelompokkan menu ke dalam kategori yang berbeda.

Tambahan Fitur "Customize"

Anda pastinya penasaran apa fungsi dari tombol Customize di panel Settings. Jika Anda klik, dalamannya berupa sejumlah fitur baru seperti Open File, Subscribe, Character Encoding, Email Link, Sync dan Tab Groups. Keenam menu tersebut dapat Anda tarik ke toolbar atau ke panel Settings guna akses lebih cepat.

Fitur Sinkronisasi

Kendati diklaim tidak lagi mengguna cara sebelumnya, di mana tim pengembang berupaya untuk menambahkan semacam integrasi ke perangkat lain misalnya Android, namun realisasi rencana tersebut baru akan dapat dinikmati oleh pengguna mulai hari ini khususnya untuk Android dan Firefox OS.

 

Info Menarik: Semakin Populer di Indonesia, UC Browser Rilis Pembaruan untuk Platform Android

 

Integrasi ini memungkinkan pengguna Firefox desktop untuk melakukan sinkronisasi secara mendalam dengan aplikasi platform lain. Sayangnya TRL belum dapat memberikan ulasan bagaimana platform yang dimaksud dapat terhubung ke Firefox desktop.

Untuk saat ini Anda sudah dapat menikmati tampilan super segar dan baru dari Firefox 29, caranya bisa langsung update dari Menu Help - About Firefoxatau mengunduh langsung dari web resmi Mozilla di tautan ini.

Sumber: Techcrunch.