Categories

Internet

Firefox 75 Hadirkan Tampilan Baru untuk Memudahkan Proses Pencarian

Address bar beserta search field-nya kini lebih rapi dan lebih optimal untuk laptop berlayar kecil

Glenn Kaonang - 8 April 2020

Ada yang baru dari browser Firefox, persisnya pada versi terbarunya, yakni versi 75.0. Mozilla telah menyempurnakan desain tampilan address bar-nya. Sepintas perubahannya memang tidak kelihatan, tapi yang sudah lama memakai Firefox pasti langsung menyadarinya.

Saat mulai mengetikkan alamat situs atau kata kunci pencarian, tampak bahwa ukuran search field-nya kini lebih besar, demikian pula ukuran font-nya. Mozilla bilang tampilannya sengaja mereka optimalkan untuk laptop berlayar kecil.

Selain di Google, Firefox mempersilakan pengguna melakukan pencarian langsung di situs lain, seperti Amazon misalnya. Versi barunya juga akan menyoroti sejumlah kata kunci pencarian ekstra yang mungkin tidak terpikirkan oleh pengguna demi semakin mengerucutkan hasil pencariannya.

Satu klik pada address bar kini akan memunculkan deretan situs yang paling sering diakses, persis seperti ketika pengguna membuka tab baru. Satu pembaruan yang terkesan sepele namun sangat berguna adalah shortcut untuk lompat ke situs yang sebenarnya sudah dibuka di tab lain, yang mungkin tak disadari oleh pengguna.

Pembaruannya memang tergolong minor, dan ini mungkin tidak akan cukup untuk merebut kembali posisi kedua browser terpopuler dari Microsoft Edge, apalagi mengingat Edge juga baru di-update dengan seabrek pembaruan.

Sumber: Mozilla.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter