18 November 2016

by Bambang Winarso

Mozilla Luncurkan Firefox Focus, Aplikasi Peramban Super Aman untuk iOS

Firefox Focus adalah peramban pilihan paling sempurna untuk siapapun yang ingin menjelajah internet tanpa meninggalkan jejak sedikitpun

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox Focus, aplikasi peramban baru untuk iOS yang dibagikan secara gratis, ringan, cepat dan super aman. Melengkapi peramban Firefox, Focus menawarkan cara baru dalam menjelajah dunia maya dengan lebih aman dan terlindungi secara optimal.

Focus merupakan aplikasi peramban paling sempurna bagi siapapun yang ingin menjelajah dunia maya tanpa meninggalkan jejak sedikitpun. Fitur jejalah private-nya diklaim yang terbaik dan sama sekali tidak sama dengan fitur yang sudah dijumpai di aplikasi peramban populer seperti Chrome ataupun Safari. Walaupun konsepnya hampir serupa, namun Focus membawa perlindungan privasi pengguna ke tingkat yang lebih tinggi, sepertinya.

Firefox Focus bekerja secara konstan dan berkelanjutan, memblokir pelacak yang terpasang di banyak situs termasuk analitik, media sosial apalagi iklan. Dengan Focus pengguna tak perlu melakukan pengaturan apapun, tak perlu menghapus cookies, cache, riwayat atau data sandi yang disimpan setiap kali keluar dari peramban.

Dilepas secara gratis, Firefox Focus sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari tool pemblokir iklan bernama Focus by Firefox yang diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Kini, tool tersebut diracik ulang sebagai Firefox Focus dan mengemban dua fungsi dasar sebagai pemblokir iklan dan peramban dasar.

Selain memberikan perlindungan yang lebih optimal, Firefox Focus juga memberikan keuntungan dalam hal performa. Halaman situs yang memuat dan memasang pelacak ataupun iklan berdampak buruk terhadap performa peramban baik di perangkat mobile ataupun desktop. Dengan Firefox Focus, semua halangan itu ditiadakan sehingga berdampak pada peningkatan kecepatan loading halaman.

Firefox Focus dapat Anda unduh secara gratis di toko aplikasi App Store.

Sumber berita Mozilla.