Categories

Internet

Firefox Mulai Eksperimen Ekstensi Advance yang Hadirkan Rekomendasi Konten Terkait

Ekstensi masih dalam program Test Pilot dan kemungkinan besar akan digulirkan bersama update Firefox 63

Bambang Winarso - 8 August 2018

Kabar bahwa Mozilla sedang mempersiapkan sesuatu yang istimewa di pembaruan Firefox 63 sudah jadi rahasia umum. Meski tak banyak yang tahu detail lengkapnya seperti apa. Tapi, kabar teranyar melaporkan bahwa Firefox bisa jadi bakal membenamkan sebuah ekstensi khusus bernama Advance yang masih dalam tahap pengujian. Ekstensi ini dikatakan bakal menjadi tulang punggung Firefox dalam menyuguhkan konten berdasarkan aktivitas terkini penggunanya.

Tool baru ini dikatakan menjadi salah satu proyek yang diuji dalam program Test Pilot. Artinya, beberapa pengguna terpilih berkesempatan untuk menjajalnya sembari terus dimatangkan oleh tim pengembang. Lebih jauh dikatakan pula bahwa ekstensi Advance sudah bisa dijumpai dan mulai bekerja menganalisa konten di laman-laman web yang aktif untuk kemudian merekomendasikan konten terkait yang diambil dari laman lainnya. Barisan rekomendasi tersebut akan dipajang di sebuah panel yang dipersiapkan untuk Anda.

Dalam praktiknya, pengguna tidak harus melakukan hal berbeda dari biasanya. Mereka cukup mengunjungi situs favorit, kemudian peramban akan menampilkan sebuah panel kecil berlabel “Read Next” dan "For You" di bagian sisi laman di mana terdapat rekomendasi konten-konten terkait yang mungkin menarik untuk dibaca.

Rekomendasi konten terkait ini semestinya bekerja dengan lebih baik seiring waktu. Namun, sekarang ini masih terlalu dini untuk memberikan penilaian karena masih dalam fase pengujian. Versi finalnya mungkin akan jauh lebih baik, paling tidak akan ada pertimbangan bagaimana agar kemunculan panel rekomendasi tidak mengganggu aktivitas pengguna. Apalagi, sekarang ini mayoritas website juga sudah memberikan rekomendasi konten terkait kendati masih di dalam satu situs yang sama.

Untuk melakukan eksperimen ini, Mozilla menggandeng Laserlike, sebuah startup yang ditugaskan untuk mengembangkan platform rekomendasi dan memikirkan bagaimana data-data pengguna dikumpulkan.

Dilansir oleh Ghacks, ada tiga data penting yang dianalisa oleh LaserLike untuk memungkinkan bekerjanya ekstensi Advance.

  • Riwayat penelurusan.
  • Alamat IP, tanggal dan jam, dan berapa lama waktu yang dihabiskan dalam menelusuri situs.
  • CTR, durasi penelurusan dari panel rekomendasi, data interaksi dengan sidebar, dan sistem operasi.

Untungnya, pengguna diberi opsi lain jika merasa ingin menghentikan rekomendasi konten dari ekstensi Advance.

Sumber berita Ubergizmo, dan Firefox.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter