6 October 2017

by Bambang Winarso

Tahun Depan, Firefox Tak Lagi Dukung Windows XP dan Vista

Penghentian dukungan telah ditetapkan pada bulan Juni, pengguna diminta untuk melakukan upgrade OS

Setiap generasi sistem operasi ada masanya untuk redup dan ditinggalkan, tak terkecuali Windows XP yang merupakan sistem operasi paling sukses sepanjang sejarah Microsoft. Setelah tak lagi mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft, pengguna Windows XP dan Vista harus siap ditinggalkan pula oleh Mozilla Firefox yang telah mengumumkan penghentian dukungan pada bulan Juni tahun 2018 mendatang.

Jadi, menjelang tanggal itu pengguna yang masih menggunakan dua OS tersebut masih bisa mengharapkan perlindungan optimal dari Mozilla. Tapi harus segera bersiap melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih baru jika masih ingin tetap menggunakan Firefox dengan aman.

Penghentian dukungan untuk Windows XP dan Windows Vista sejatinya bukan sesuatu yang mengherankan. Microsoft saja sebagai pemilik OS tak mau menghabiskan fokus dan tenaga untuk mendukung sistem operasi lawas meskipun masih banyak pengguna yang bertahan di Windows XP. Mozilla sendiri mulai meninggalkan keduanya sejak merilis Firefox 35 bulan April lalu. Peramban versi ini sudah tidak mendukung secara penuh Windows XP dan Vista. Sebagai antisipasinya, pengguna diarahkan ke Firefox Extended Support Relase atau ESR yang dirancang untuk organisasi nirlaba. Namun kala itu Mozilla tidak membeberkan secara gamblang kapan dukungannya akan benar-benar berakhir. Baru sekarang, terungkap sudah semuanya.

Dalam pengumumannya, Mozilla mengatakan bahwa sistem operasi yang tidak lagi didukung tidak akan menerima pembaruan keamanan, sehingga lebih rentan terhadap serangan. Mereka sangat merekomendasikan pengguna untuk melakukan upgrade ke OS yang lebih baru yang masih didukung oleh Microsoft.

Ini berarti mulai tahun depan, Windows XP dan Windows Vista nyaris kehilangan dukungan dari aplikasi-aplikasi penting. Windows XP sudah tidak memperbarui Internet Explorer ke versi baru, maksimal hanya sampai IE8. Sedangkan Vista lebih beruntung karena bisa memasang IE9. Sekarang, pilihannya mereka bersedia upgrade ke OS, membeli perangkat baru atau lebih memilih untuk menggunakan peramban lain yang masih memberikan dukungan update.

Sumber berita MozillaΒ dan gambar header Pixabay.