25 February 2013

by wiku

Firefox Umumkan Perkembangan Terbaru Atas Firefox OS

Mengambil start lebih awal dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2013, Mozilla mengumumkan berbagai hal lewat yang berhubungan dengan Firefox OS dan perangkat yang menggunakan sistem operasi mobile dari Mozilla dalam konferensi pers.

Sebagai awal, Mozilla akan menghadirkan perangkat berbasis Firefox OS di negara-negara seperti Brasil, Kolombia, Hunggaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol dan Benezuela, dengan berbagai pasar lain yang akan diumumkan berikutnya. Sejauh ini ada 17 operator yang bekerja sama untuk mendukung ketersediaan global daro Firefox OS, antara lain América Móvil, China Unicom, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, Qtel, SingTel, Smart, Sprint, Telecom Italia Group, Telefónica, Telenor, TMN dan VimpelCom.

Sedangkan pabrikan awal yang akan menyediakan perangkat berbasis Firefox OS ini akan hadir dari Alcatel (TCL), Huawei, LG dan ZTE dengan dukungan prosesor dari Qualcomm Snapdragon.

Dua perangkat yang muncul dalam acara kemarin dan telah bisa dilihat penampakannya adalah ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire.

ZTE Open menyediakan layar 3.5 inci - 480 x 320 dengan bahan casing plastik, lalu prosesor Cortex A5 dari Qualcomm, kamera belakang 3.2 megapixel, 256MB RAM serta 512MB penyimpanan yang bisa ditambah. Ketersediaan perangkat berbasis Firefox OS ini diperkirakan akan dilakukan kuarter kedua tahun ini.

Sedangkan Alcatel Touch Fire memiliki layar 3.5 inci, ukuran kamera 115 x 62,3 x 12.2 mm, kamera belakang 3.2 megapixel, prosesor 1 GHz, 256GB RAM 256MB RAM, 512MB memori internal dan dukungan atas slot micro SD sampai 32 GB. Peluncuran ponsel berbasis Firefox OS ini akan dilakukan bulan Juni 2013.

Firefox juga mengumumkan Firefox Marketplace serta ketersediaan berbagai aplikasi populer di dalamnya. Beberapa aplikasi populer antara lain AccuWeather, Airbnb, Box, Cut the Rope, Disney Mobile Games, EA games, Facebook, Nokia HERE, MTV Brasil, Pulse News, SoundCloud, SporTV, Terra, Time Out dan Twitter, serta berbagai aplikasi lokal yang dikembangkan untuk pasar di area tertentu.

Firefox OS sendiri secara singkat bisa dijelaskan adalah sistem operasi dari Firefox yang memperluas pengalaman pengguna Firefox (yang mungkin lebih dikenal sebagai peramban web) di ranah mobile. Perangkat berbasis Firefox OS dikembangkan berdasarkan standar Open Web, memungkinkan berbagai fitur dikembangkan sebagai aplikasi HTML5. Firefox OS memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan pengguna untuk perangkat bergerak - ponsel seperti fitur pesan, panggilan, email, kamera dan berbagai fitur yang dimiliki smartphone, seperti aplikasi sosial, layanan berbasis lokasi peramban Firefox, dan termasuk aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Firefox Marketplace.

Firefox Marketplace akan menawarkan berbagai kategori aplikasi, mulai dari game, media, bisnis dan yang berhubungan dengan produktivitas. Para pengembang web juga bisa dengan mudah mengembangkan dan mendistribusikan aplikasi HTML5, memberikan peluang bagi pengembang (web dan mobile) dalam ekosistem dengan Web sebagai platform pengembangan mobile.

Informasi lebih lengkap atas ketersediaan Firefox OS secara global serta tentang Firefox Marketplace bisa dlihat di situs resmi Mozilla, review atas perangkat ZTE One dan Alcatel bisa dilihat di Engadget atau TheVerge.

Alcatel One Touch Fire

ZTE One

Sumber dan gambar dari: TheVerge dan Engadget