6 December 2017

by Glenn Kaonang

Fitbit Resmi Luncurkan App Store Khusus untuk Smartwatch-nya, Ionic

Sejauh ini sudah ada sekitar 60 aplikasi dari bermacam kategori yang bisa diunduh secara cuma-cuma

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, Fitbit akhirnya resmi merilis app store khusus untuk smartwatch mereka, Ionic. Ekosistem aplikasi yang luas merupakan salah satu kelebihan Pebble, dan Fitbit sepertinya tidak mau menyia-nyiakan aset milik pionir smartwatch yang sudah mereka akuisisi itu.

Fitbit bilang bahwa setidaknya sekarang sudah ada sekitar 60 aplikasi dari bermacam kategori yang bisa diunduh secara cuma-cuma di Fitbit App Gallery. Beberapa yang cukup populer meliputi Flipboard, Yelp, The New York Times, dan Hue Lights untuk mengontrol bohlam pintar Philips.

Aplikasi populer lain dipastikan bakal menyusul di penghujung tahun nanti, macam Uber, TripAdvisor, Nest, Clue, Surfline, dan Game Golf. Tidak kalah menarik adalah kemitraan Fitbit dengan Deezer, yang menjanjikan kemudahan streaming musik langsung dari Ionic dan tanpa smartphone setelah pergantian tahun nanti.

Jika dibandingkan Apple Watch atau smartwatch Android Wear, ekosistem aplikasi Ionic masih tergolong level kroco. Fitbit bilang bahwa sejauh ini sudah ada lebih dari 5.000 developer yang tergabung dalam komunitas mereka, akan tetapi mereka terus melancarkan upaya-upaya untuk menarik minat developer lain, seperti misalnya mengadakan semacam kompetisi berhadiah.

Di sisi lain, kru internal Fitbit sendiri sudah mengeksekusi inisiatif lain bernama Fitbit Labs, yang pada dasarnya bertujuan untuk menyematkan elemen gamification ke dalam Ionic. Hasilnya adalah lebih dari 100 watch face, termasuk beberapa yang interaktif macam Fitbit Pet, yang mengajak pengguna untuk terus beraktivitas demi merawat anjing atau kucing peliharaan virtual.

Sumber: Fitbit via CNET.