Categories

Gadget

Fitbit Umumkan 'Tanggal Kadaluarsa' Pebble, 30 Juni 2018

Lewat tanggal itu, banyak fitur Pebble yang akan berhenti berfungsi

Glenn Kaonang - 25 January 2018

Di titik ini dunia mungkin sudah lupa dengan Pebble – bahkan penciptanya sendiri sudah move on – akan tetapi saya yakin di luar sana masih banyak yang setia menggunakan pelopor kategori smartwatch tersebut, termasuk redaktur kami yang tercinta.

Sekadar mengingatkan, Pebble resmi diakuisisi oleh Fitbit menjelang akhir 2016, dan Fitbit rupanya tidak menyisihkan anggaran belanjanya sedikit pun untuk meminang aset hardware Pebble. Akibatnya, portofolio produk Pebble sama sekali tidak ada yang diteruskan.

Sejak itu loyalitas konsumen Pebble ibarat diuji oleh Fitbit. Sebagian bertanya dalam hati apakah smartwatch-nya bakal berhenti berfungsi secara tiba-tiba. Namun update yang dirilis pada bulan April tahun lalu memberikan sedikit titik terang: smartwatch Pebble masih bisa digunakan seperti biasa, hanya saja app store dan jaringan cloud-nya sudah tiada.

Pebble Time / Pebble

Saya bilang sedikit karena tidak ada yang tahu sampai kapan ini bakal dipertahankan selain Fitbit sendiri. Namun baru-baru ini Fitbit memberanikan diri untuk buka suara. Lewat sebuah blog post, Fitbit mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memberikan dukungan atas Pebble pada 30 Juni 2018.

Lewat tanggal tersebut, perangkat besutan Pebble memang masih bisa berfungsi, tapi tidak untuk fitur-fitur berikut: Pebble App Store, Pebble Forum, fitur pengenal suara, fitur untuk membalas email dan SMS, timeline pin dari aplikasi pihak ketiga, dan CloudPebble development tool.

Aplikasi pendamping Pebble di Android dan iOS juga tidak akan lagi menerima update. Ini berarti aplikasinya masih bisa berfungsi, untuk sekarang. Seandainya ke depan ada versi baru Android atau iOS dan aplikasi Pebble tak lagi kompatibel, maka fitur notifikasi pun otomatis juga berhenti berfungsi.

Fitbit Ionic / Fitbit

Ya, Fitbit pada dasarnya telah menetapkan tanggal kadaluarsa untuk Pebble. Mereka berharap konsumen Pebble bisa memanfaatkan waktu sampai akhir Juni tersebut untuk lebih mengenal produk-produk Fitbit, hingga akhirnya ikut hijrah ke platform Fitbit.

Sebagai bentuk apresiasi, Fitbit bakal menawarkan potongan harga sebesar $50 bagi konsumen Pebble yang hendak membeli smartwatch Fitbit Ionic, yang belum lama ini kedatangan app store-nya secara resmi. Syarat yang harus dipenuhi cuma satu: tanggal beli perangkat Pebble tidak boleh lewat 7 Desember 2016, tanggal di mana Pebble resmi diakuisisi.

Sumber: The Verge dan Fitbit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter