Categories

Gadget

Fitbit Charge 4 Hadir Membawa GPS, NFC dan Spotify Control

Absennya GPS merupakan salah satu kekurangan terbesar Charge 3

Glenn Kaonang - 1 April 2020

Fitbit Charge 3 akhirnya punya suksesor. Dinamai Fitbit Charge 4, penerusnya ini sekilas tampak tidak berbeda, dan ini memang dikarenakan Fitbit tidak mengubah aspek desainnya sedikitpun.

Saking miripnya, Charge 4 bisa dipasangi strap milik Charge 3 jika mau. Ia tetap bisa diajak menyelam sampai kedalaman 50 meter, dan baterainya pun tetap bisa bertahan sampai 7 hari pemakaian. Lalu apa yang baru?

GPS. Komponen ini absen pada Charge 3, dan kehadirannya di Charge 4 tentu punya dampak yang signifikan: untuk memonitor kegiatan seperti berlari atau bersepeda, pengguna Charge 4 tidak perlu membawa ponselnya selama beraktivitas.

Fitbit Charge 4

Timing-nya memang terkesan tidak pas, sebab kita semua sedang berusaha membatasi kegiatan di luar rumah sebisa mungkin. Terlepas dari itu, Charge 4 setidaknya sudah membenahi salah satu kelemahan terbesar pendahulunya, jadi tidak heran apabila Fitbit langsung menyetop penjualan Charge 3 secara online.

Selain GPS, NFC turut hadir sebagai fitur standar di semua varian Charge 4. Sebelumnya, NFC yang merupakan syarat wajib untuk menggunakan layanan Fitbit Pay ini hanya bisa didapat di Charge 3 Special Edition.

Bagi para pelanggan Spotify, Charge 4 menawarkan fitur Spotify Control. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur jalannya musik, memilih playlist atau podcast langsung lewat layar mini Charge 4. Sambungan dengan ponsel tetap dibutuhkan, sebab aplikasi streaming itu masih diakses melalui ponsel, bukan langsung di Charge 4.

Fitbit Charge 4

Tiga fitur ini merupakan perubahan terbesar yang dibawa Charge 4 dibanding pendahulunya, meski memang masih ada sejumlah perubahan minor lain seperti fitur Smart Wake yang dipinjam dari lini Versa, atau metrik baru bernama Active Zone Minutes.

Fitbit Charge 4 bakal dipasarkan mulai 15 April seharga $150, harga yang sama seperti Charge 3 dulunya. Fitbit masih akan menawarkan varian Special Edition, tapi kelebihan varian itu hanya sebatas estetika. Charge 4 turut hadir bersama trial gratis layanan Fitbit Premium selama 90 hari – sengaja diperpanjang durasinya selama pandemi.

Sumber: Wareable dan Fitbit.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter