Categories

Gadget

Fitbit Luncurkan Versa Lite Edition dan Tracker Inspire Series ke Indonesia

Smartwatch dan tracker paling terjangkau dari Fitbit

Lukman Azis - 24 April 2019

Bicara soal perangkat wearable terutama smartwatch dan fitness tracker atau activity tracker, tentunya brand Fitbit sudah sangat familier. Mereka telah menghadirkan beragam smartwatch dan tracker dengan form factor baru dan makin terjangkau bagi konsumen, baik dari sisi akses maupun dari sisi harga.

Pada Selasa, 23 April kemarin – Fitbit meluncurkan sejumlah produk terbaru, diantaranya smartwatchFitbit Versa Lite Edition, serta tracker Fitbit Inspirasi, Fitbit Inspire HR, dan yang akan datang Fitbit Ace 2 untuk anak-anak. Sebelum membahas spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan tiap-tiap produk, mari bahas dulu kenapa sih kita harus menggunakan smartwatch atau tracker?

Jawabannya simpel, menunjang gaya hidup dan pola hidup sehat. Suatu hal yang mudah sekali dikatakan tapi sulit dijalankan, karena butuh kesadaran diri yang tinggi dan komitmen. Diantaranya olahraga rutin, pola makan, dan juga durasi tidur. Bagi yang belum sempat berolahraga, bisa dimulai dengan langkah kecil yakni memperbanyak jalan kaki.

Fitbit-Umumkan-Versa-Lite-Edition
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Membantu menjadikan habit gaya hidup sehat dengan cara yang mudah dan menyenangkan adalah pendekatan yang dilakukan oleh Fitbit. Mereka tak hanya menawarkan peranti-peranti kesehatan dengan sensor canggih nan lengkap yang bekerja akurat, tapi membuat sebuah platform yang kaya akan fitur.

Pengguna dapat mengakses data holistik untuk memantau dan memahami bagaimana kondisi dan status data mereka. Serta, terhubung dengan seluruh komunitas sosial yang ada di Fitbit, membuat atau mengikuti challenge sehingga pengguna diharapkan makin termotivasi.

Fitbit juga berencana untuk merombak desain aplikasi Fitbit dengan menampilkan dashboard yang makin personal, termasuk fitur Fitbit Focus yang terdapat pada bagian atas dashboard yang akan menyajikan rangkuman, pesan-pesan dan tips yang relevan bagi tiap-tiap pengguna.

Fitbit Versa Lite Edition

Bisa dianggap Fitbit Versa Lite Edition ialah versi ekonomis dari smartwatch Fitbit Versa. Fitur-fitur yang ditawarkan masih cukup lengkap, seperti melacak aktivitas, PurePulse 24/7 heart rate dan sleep stages tracking, 15 lebih mode latihan berbasis gol, GPS, notifikasi pada smartphone, dan banyak lagi.

Fitbit hanya memangkas tiga fitur Versa standar pada Versa Lite: kemampuan menyimpan file lagu di perangkat, menampilkan panduan berlatih dari layanan Fitbit Coach, dan menghitung lap (putaran) dalam berenang maupun jumlah anak tangga yang dilewati oleh penggunanya.

Versa Lite Edition menjalankan Fitbit Smartwatch OS 3.0 dengan daya tahan baterai lebih dari 4 hari sekali fullĀ charge. Perangkat ini juga dilengkapi sensor relative SpO2 yang mampu mengestimasi gejala setiap perubahan yang terjadi pada level oksigen dalam darah, serta mampu mendeteksi indikator-indikator kesehatan lainnya seperti gejala gangguan tidur.

Harga Versa Lite Edition dibanderol Rp2.799.000 dan menjadikannya smartwatch Fitbit paling terjangkau. Sebagai pembanding, Versa dibanderol Rp3.799.000 dan Versa Special Edition Rp4.299.000. Kelebihan Versa series adalan desainnya yang stylish dan tidak begitu sporty, sehingga cocok digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Fitbit Inspire dan Inspire HR

Beralih ke Fitbit Inspire HR, perangkat yang dilengkapi tracker detak jantung 24/7 dari Fitbit dengan harga paling terjangkau; Rp1.739.000. Perangkat ini juga mampu melacak tahap-tahap kondisi tidur atau sleep stages, serta dilengkapi 15 lebih mode latihan berbasis gol.

Fitbit-Umumkan-Versa-Lite-Edition
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Bagi pengguna pemula atau yang ingin menggunakan wearable yang lebih murah lagi, Fitbit Inspire adalah jawabannya. Harganya Rp1.269.000 dan sudah dilengkapi fitur-fitur kesehatan dan kebugaran yang esensial, seperti pelacak aktivitas, latihan, kondisi tidur, mode selebrasi bila gol tercapai, notifikasi reminder to move, dan lainnya.

Fitbit Inspire dan Inspire HR memiliki desain sporty, sehingga lebih nyaman dikenakan sepanjang hari dan utamanya saat berolah raga. Daya tahan baterainya juga lebih panjang hingga 5 hari.

Kalau Fitbit Ace 2 ditujukan untuk anak-anak, utamanya usia 6 tahun ke atas agar belajar menaati kebiasaan-kebiasaan dan pola hidup sehat dari usia sedini mungkin. Body-nya tahan air dan dilengkapi dengan bumper sebagai pelindung layar.

Nantinya Ace 2 akan tersedia dalam berbagai warna ceria dan dilengkapi aksesori dengan corak desain berpola. Untuk menarik anak-anak, Fitbit menambah fitur baru yakni animated clock faces dengan tampilan avatar penuh warna dan profil dengan foto pribadi yang dapat diakses melalui aplikasi Fitbit.

Sebelum mengatur Ace 2 untuk anak-anak, orang tua perlu membuat akun Fitbit untuk keluarga terlebih dahulu, sehingga seluruh aktivitas mereka dapat terpantau selalu oleh orang tua.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter