Categories

Gadget

Fitbit OS 5.0 Dirilis, Hanya Tersedia untuk Fitbit Sense dan Versa 3

Versa 2 dan lainnya stuck di Fitbit OS 4

Glenn Kaonang - 29 September 2020

Agustus lalu, Fitbit memperkenalkan dua smartwach baru sekaligus, yaitu Fitbit Sense dan Versa 3. Tanpa harus terkejut, kedua perangkat tersebut datang membawa software baru di samping hardware baru.

Software yang saya maksud adalah Fitbit OS 5.0, sistem operasi versi terbaru yang Fitbit sebut sebagai update paling signifikan semenjak mereka merilis smartwatch pertamanya yang dilengkapi app store sendiri, Ionic, di tahun 2017.

Lewat sebuah blog post, Fitbit menjelaskan segala yang baru dari Fitbit OS 5 kepada kalangan developer pihak ketiga. Pembaruan yang paling utama adalah terkait tampilan visual dan pengoperasiannya, yang menurut Fitbit telah dioptimalkan dengan bentuk layar Sense dan Versa 3 yang sedikit lebih membulat ketimbang sebelumnya.

Penggunaan font baru, lalu optimasi elemen-elemen tampilan antarmuka lainnya telah diterapkan agar perangkat bisa lebih mudah digunakan selagi penggunanya bergerak. Soal pengoperasian, swipe dari kiri ke kanan kini berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya. Lalu untuk kembali ke tampilan jam secara langsung, pengguna tinggal mengklik tombol di samping kiri kapan saja diperlukan.

Yang agak mengkhawatirkan adalah, developer pihak ketiga dituntut untuk segera meng-update aplikasi buatannya agar dapat memaksimalkan pembaruan yang dibawa oleh Fitbit OS 5. Lebih menyusahkan lagi, developer harus menyiapkan dua versi aplikasi yang berbeda; satu untuk Fitbit OS 5, satu lagi untuk Fitbit OS 4.

Kenapa masih harus mendukung Fitbit OS 4? Kenapa tidak sepenuhnya move on ke Fitbit OS 5 sekalian? Well, keputusannya ada di tangan masing-masing developer, akan tetapi mereka harus mempertimbangkan fakta bahwa Fitbit OS 5 hanya tersedia untuk Sense dan Versa 3.

Fitbit sama sekali tidak punya rencana untuk merilis update Fitbit OS 5 pada smartwatchsmartwatch lamanya seperti Versa 2, Versa, Versa Lite, ataupun Ionic. Kalau Anda merupakan pengguna dari salah satu perangkat tersebut, Anda akan ‘terjebak’ di Fitbit OS 4.

Kesannya tidak adil memang, terutama untuk para konsumen Versa 2 yang baru sempat menggunakan perangkat tersebut selama satu tahun, dan sekarang sudah tidak lagi menerima software update versi terbaru. Bandingkan dengan watchOS 7, yang bahkan masih tersedia untuk Apple Watch 3 yang telah berusia tiga tahun.

Sumber: 9to5Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter