Categories

Gadget

Fitbit Luncurkan Smartwatch Paling Murahnya, Versa Lite Edition

Lebih murah $40 dari Versa standar, tapi fitur yang dipangkas juga tidak banyak

Glenn Kaonang - 8 March 2019

Fitbit baru saja meluncurkan smartwatch baru. Bukan suksesor Ionic, bukan juga suksesor Versa, smartwatch ini adalah versi lebih terjangkau lagi dari Versa. Mengusung nama resmi Fitbit Versa Lite Edition, wujudnya tampak identik dengan Versa standar. Lalu apa saja yang berbeda?

Untungnya tidak banyak. Dari segi fitur, Fitbit hanya memangkas tiga fitur Versa standar pada Versa Lite: kemampuan menyimpan file lagu di perangkat, menampilkan panduan berlatih dari layanan Fitbit Coach, dan menghitung lap (putaran) dalam berenang maupun jumlah anak tangga yang dilewati oleh penggunanya.

Apakah ini berarti Versa Lite tidak bisa dipakai selagi berenang? Bukan begitu, ia masih tahan air sampai kedalaman 50 meter seperti Versa standar, akan tetapi ia tak dilengkapi gyroscope yang diperlukan untuk tugas spesifik seperti menghitung lap berenang itu tadi. Demikian pula untuk menghitung jumlah anak tangga; Versa Lite tak mampu melakukannya karena tidak dibekali sensor tekanan barometris.

Fitbit Versa Lite

Jadi, ketiga fitur tadi tidak tersedia pada Versa Lite, akan tetapi sisanya sama persis seperti Versa standar, mulai dari dukungan aplikasi via App Gallery yang terdapat pada Fitbit OS 2.0, sampai ke spesifikasinya, termasuk baterai yang bisa tahan sampai 4 hari dalam satu kali pengisian.

Meski sepintas kelihatan sama bentuknya, Versa Lite sebenarnya mengusung satu perubahan dari segi fisik: tombol pada sisinya cuma ada satu, bukan tiga seperti pada Versa standar. Namun ini sebenarnya bukanlah masalah besar mengingat layar 1,34 inci milik Versa Lite masih merupakan sebuah touchscreen.

Fitbit Versa Lite

Semua itu bisa ditebus dengan harga $160 saja, alias lebih murah $40 ketimbang Versa standar. Fitbit berencana memasarkannya mulai pertengahan Maret, dan saya cukup yakin Fitbit juga bakal memboyongnya ke tanah air mengingat mereka baru saja menjalani debutnya di Indonesia lewat Versa standar tahun lalu.

$40 adalah selisih yang cukup jauh, apalagi jika dirupiahkan. Lalu kalau dilihat dari sudut pandang lain, Versa Lite juga berpotensi semakin memikat konsumen perempuan. Itu dikarenakan ia memiliki sejumlah pilihan warna yang tidak ada pada Versa standar, yaitu putih, lilac, mulberry, dan marina (biru).

Sumber: Wareable dan Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter