21 March 2015

by Glenn Kaonang

Fitur Baru Browser Opera Coast ini Bisa Membuat Proses Menonton Video Jadi Lebih Menyenangkan

Dewasa ini, ada banyak sekali aplikasi browser yang bisa kita pakai di smartphone. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan tersendiri, baik dari segi tampilan maupun teknis. Namun karena mayoritas aplikasi browser bisa diunduh dengan gratis, tidak ada salahnya kita mencoba membandingkan keunggulan satu per satu aplikasi.

Di tengah-tengah barisan aplikasi browser tersebut, ada satu yang cukup menarik di mata saya. Namanya Opera Coast. Ia memang bukan aplikasi baru, akan tetapi update terbarunya menghadirkan peningkatan yang cukup signifikan.

Bagi yang sudah lupa atau belum tahu, Opera Coast yang tersedia untuk perangkat iOS ini memiliki konsep yang cukup unik. Tampilannya minimalis sekaligus cantik, mengandalkan gesture sebagai cara pengoperasiannya.

Info menarik: Bersiaplah Ucapkan Selamat Tinggal pada Internet Explorer

Selain menjadi pintu ke dunia internet, Opera Coast juga berfungsi layaknya aplikasi news reader, dimana ia akan memberikan rekomendasi berbagai situs yang berisi konten-konten segar. Aplikasi ini juga telah mendukung fitur sinkronisasi via iCloud sehingga Anda bisa mengakses semua data browsing di berbagai perangkat iOS sekaligus.

Namun fitur yang paling menarik justru hadir melalui update terbarunya. Dinamai Opera Turbo, fitur ini mampu mengoptimalkan kompresi video, meningkatkan kecepatan buffering bagi pengguna Opera Coast. Jika pengaturan telah dilakukan maka Opera akan mengurangi ukuran file video sehingga pengguna bisa menikmati buffering yang lebih sedikit,

Cara setting fitur Opera Turbo di iPhone

Fitur optimalisasi video ini memanfaatkan engine racikan Opera sendiri yang dijuluki Rocket Optimizer. Terdapat opsi pengaturan otomatis sehingga fitur ini akan aktif ketika koneksi internet penggunanya melambat.

Info menarik: App Pivot Bawa Anda ke Masa Lalu Via Augmented Reality

Saat mengakses situs-situs berprotokol HTTPS, seperti yang biasa digunakan bank atau email, Opera Coast memungkinkan penggunanya untuk bernavigasi ke halaman sebelumnya – dengan gesture swipe – tanpa harus menjalani proses refresh seperti biasanya.

Opera Coast versi 4.1 yang dilengkapi fitur Opera Turbo sudah bisa Anda unduh dengan gratis melalui App Store.