10 March 2016

by Bambang Winarso

Versi Previewnya Melenggang, Ini Fitur-fitur Unggulan Android N

Selain split-screen multitasking, Android N punya bundled notifications dan peningkatan fitur Doze

Di luar kebiasaannya yang sudah-sudah, Google mengumumkan kehadiran versi Developer Preview untuk sistem operasi terbarunya, Android N bukan di ajang Google I/O yang biasanya digelar di sekitar bulan Mei setiap tahun. Bahkan kini, program beta untuk versi tersebut sudah bisa diunduh untuk sejumlah perangkat Nexus, Pixel C dan Android One.

Perbedaaan lainnya, Google juga memberikan kemudahan kepada para partisipan untuk mencicipi Android terbaru berkode N ini. Di mana untuk pertama kalinya versi preview tersedia melalui OTA, tanpa proses instalasi manual yang rumit.

Apa Fitur Baru Android N?

Pertanyaan ini tidak hanya ada di benak pengembang, tapi hampir di benak sebagian besar pengguna Android, soal apa fitur baru yang bakal diboyong oleh Android N. Sorotan paling besar tertuju pada kemampuan split-screen multitasking yang memungkinkan smartphone atau tablet menampilkan dua jendela aplikasi yang berbeda dalam satu layar dan dukungan video picture-in-picture.

Berikutnya Google juga menambahkan fitur baru ke elemen notifikasi, menawarkan cara baru bagi pengguna untuk merespon langsung dari notifikasi yang diterima. Di komponen yang sama terdapat pula fitur “Bundled notifications” yang memungkinkan aplikasi mengumpulkan beberapa pesan ke dalam satu notifikasi. Kumpulan notifikasi ini dapat diperluas guna menunjukkan rincian dari masing-masing pesan.

Efisiensi masih jadi garapan panjang tanpa akhir bagi Google. Setelah merombak total kemampuan Android dalam hal menekan konsumsi baterai melalui teknologi Doze di Android Marshmallow. Di versi ini Google kembali melakukan perbaikan yang menjanjikan kinerja yang lebih mumpuni. Jika sebelumnya Doze bakal mematikan pasokan daya ketika ponsel dalam keadaan tidur, kali ini Doze akan langsung mematikan sakelar ketika layar dalam kondisi mati.

Terakhir, Android N bakal menyuguhkan kemampuan komputasi yang baik. Google menambahkan kemampuan baru untuk membaca bahasa Java 8 yang bakal memanjakan para pengembang.

Hanya itu? Kemungkinan tidak, tampaknya ada beberapa fitur baru yang tidak disertakan di dalam versi preview awal ini. Mungkin saja, Google punya rencana berbeda untuk mengungkapnya di ajang Google I/O beberapa bulan ke depan.

Bagi Anda yang berkeinginan mencicipi versi awal Android N ini, dapat mendaftarkan diri ke tautan ini. Namun ada beberapa catatan penting yang sebaiknya Anda ketahui, salah satunya fakta bahwa versi ini belum 100% stabil. Google sendiri telah memperingatkan, bahwa ini merupakan versi yang diperuntukkan bagi pengembang, bukan pengguna harian ataupun konsumen biasa.

Sumber berita Android-developers dan GSMarena