19 January 2016

by Bambang Winarso

Facebook Godok Peramban In-App Baru yang Lebih Lengkap?

Peramban In-App dilengkapi address bar dan tombol back, forward dan bookmark

Facebook tampaknya benar-benar serius menginginkan penggunanya tetap berada di dalam aplikasi. Dalam sebuah laporan terbaru dikatakan bahwa raksasa jejaring sosial itu sedang menggodok aplikasi peramban versi baru untuk aplikasi mobile-nya, yang memungkinkan pengguna meng-input alamat situs dan mengunjunginya tanpa harus meninggalkan aplikasi Facebook. Laporan ini muncul setelah sejumlah pengguna perangkat iOS kabarnya sudah mendapati interface baru ini.

Seperti yang terlihat di screenshot di bawah ini, aplikasi browser baru Facebook mempunyai formaddressbar yang dapat digunakan untuk meng-input alamat url sebuah situs. Selain itu, di bagian dasar juga terdapat bar baru yang memberikan informasi seberapa populer post tersebut, termasuk tombol back dan forward, tombol bookmark dan menu. Tetapi interface baru ini memberi konsekuensi hilangnya fitur tab yang mungkin akan menjadi kehilangan terbesar.

Meski begitu, aplikasi browser tambahan ini masih dalam proses pengujian, setidaknya Facebook sudah mulai mengujinya sejak Desember lalu. Dan sekarang fitur ini perlahan menemukan jalan untuk dirilis ke publik setelah sejumlah pengguna iOS sudah mulai menjumpainya. Kemungkinan besar akan ada perubahan lain saat fitur baru ini dirilis ke publik.

Menyoal fitur baru Facebook, pada akhir tahun lalu mereka juga memberikan alternatif membaca berita melalui aplikasinya dengan menghadirkan Facebook Instant Articles yang sudah menjangkau platformiOS dan Android. Fitur ini juga disinyalir merupakan salah satu upaya menahan penggunanya untuk tetap berada di dalam aplikasi selama mungkin.

Sumber berita Thenextweb dan gambar header Shutterstock.