Facebook Live adalah tool yang terbilang baru namun sudah sangat populer. Tool ini memungkinkan pengguna menyiarkan video secara langsung ke lini masa, kapanpun dan di manapun selama terhubung ke internet. Sejauh ini, Facebook Live cukup sederhana dengan jumlah tombol yang minimalis. Tapi Facebook ingin pengguna Live memperoleh lebih banyak pilihan dan kemudahan. Maka, diujilah dua buah fitur baru yang ditujukan untuk interaksi yang lebih baik.

Fitur baru yang pertama adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan teman di video siaran langsung. Facebook menyebutnya dengan ‘Live Chat With Friends’. Hadirnya fitur ini memberikan cara baru bagi pengguna yang ingin menyapa pengguna lain terkait video secara lebih personal melalui percakapan pribadi, bukan melalui kolom komentar yang bisa dilihat oleh semua audiens.

Fitur kedua disebut dengan ‘Live With’, fitur unik yang dulunya hanya bisa digunakan oleh kalangan publik figur. Kini, seluruh pengguna Facebook di negara pilihan sudah bisa ikut menggunakan fitur Live With. Live With memungkinkan pengguna mengundang seorang teman untuk bergabung ke dalam video menggunakan perangkat masing-masing. Jadi, nanti akan ada dua jendela video yang sama-sama live yang tergabung dalam satu jendela video. Fitur ini sangat bermanfaat untuk keperluan seminar secara live atau webinar yang menghadirkan tamu/pembicara spesial di tengah-tengah penyampaian materi.

Berdasarkan penjelasan resmi Facebook, untuk menggunakan fitur ini pengguna cukup memilih tamu dari panel Live Viewer atau dari komentar dari penonton yang ingin diundang. Teman bersangkutan nanti bisa memutuskan untuk bergabung ke video atau tidak. Kemudian layout dari jendela video akan disesuaikan dengan orientasi video yang digunakan oleh kedua pengguna.

Kedua fitur ini sebagaimana dijelaskan oleh Facebook baru diuji di beberapa negara dan untuk sementara tertuju untuk platform iOS. Namun jika saatnya tiba, fitur ini diyakini bakal digulirkan untuk lebih banyak pengguna dan juga ke platform Android.

Sumber berita FB.