Categories

Mobile

Fitur Baru Gmail Android Bantu Pengguna Bersihkan Email dari Sampah

Bambang Winarso - 23 September 2015

Spam sudah sejak lama menjadi musuh besar pengguna email, berbagai upaya dan himbauan telah dilakukan guna menghindari resikonya. Bermaksud memberikan kemudahan untuk menjaga inbox email tetap bersih, Google meluncurkan fitur baru bernama “Block Sender” dan “Unsubscribe” untuk aplikasi Gmail versi Android.

Sesuai namanya, fitur block sender ini berfungsi untuk memblokir alamat email tertentu yang Anda anggap sering mengirimkan email sampah, phising atau semacamnya. Alamat email yang masuk dalam daftar blokir ini apabila mengirimkan email maka otomatis akan dipindahkan ke folder spam. Jadi tidak benar-benar ditolak seperti yang barangkali ada di bayangan Anda.

Penggunaannya sangat mudah, buka email yang Anda anggap mengganggu kemudian tap tombol menu (titik tiga) lalu di sana akan muncul opsi Block_nama pengirim. Tapi jika dirasa perlu, Anda dapat membuka blokir dari panel setting.

Info Menarik:Sering Salah Kirim Email? Aktifkan “Undo Send” di Gmail

Fitur “unsubscribe” juga sangat bermanfaat. Fitur ini membantu pengguna untuk berhenti berlangganan milis dari grup, e-commerce, atau layanan tertentu tanpa harus mengakses situs utamanya.

Cara menggunakan fitur unsubscribe ini hampir sama dengan block sender, buka email yang bersangkutan kemudian tap tombol menu (titik tiga) lalu tap Unsubscribe.

Fitur block sender sudah dibenamkan oleh Google ke versi Android dan juga web, sementara unsubsribe baru untuk platform Android. Pengguna iOS untuk sementara harus gigit jari tapi seperti yang sudah-sudah biasanya iOS tetap mendapat jatah update, walaupun belakangan.

Sumber berita Gmailblog dan gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter